SPORT

Lomba Perahu Naga

Kejuaraan Tanjung Pinang di Ceko

Turnamen perahu naga di negeri Eropa Tengah ini untuk menghormati Kota Tanjung Pinang

ddd
Selasa, 15 September 2009, 07:45
Lomba Perahu Naga di Praha, Ceko
Lomba Perahu Naga di Praha, Ceko (VIVAnews/KBRI Praha)

VIVAnews - Untuk pertama kalinya lomba dayung Perahu Naga di Praha, Ceko, memperebutkan Tanjung Pinang Cup. Kejuaraan tahun ini diselenggarakan sebagai penghargaan kepada Kota Tanjung Pinang, yang telah menyumbangkan dua perahu naga untuk Prague Dragon Boat Club. 

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha mengungkapkan bahwa Lomba Dayung Perahu Naga Tahun 2009 dilaksanakan di sungai Vlatava, Praha. Lomba tahun ini dimeriahkan oleh kehadiran dua perahu naga bernama ‘Gurindam’ dan ‘Pantun’ yang diberikan oleh Pemda Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Dengan tambahan perahu itu maka kejuaraan yang sudah berlangsung selama 11 tahun tersebut mulai tahun ini memperebutkan tiga jenis kejuaraan yakni Corporate Cup, Agilda Cup, dan Tanjung Pinang Cup.

Lomba yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, tanggal 11-12 September 2009 tersebut diikuti oleh 22 group dari 3 negara, yakni Ceko, Jerman, dan Indonesia. Indonesia menurunkan satu tim yang diwakili 19 anggota terdiri dari masyarakat Indonesia dan para pecinta Indonesia dengan komando Made Ramadhani. Tim Indonesia ini akhirnya meraih urutan ke-6 pada kategori Corporate Cup.

Martin Konecny, ketua panitia, menyatakan kegembiraannya karena pada tahun ini dihadirkan jenis lomba baru yakni perahu dari Indonesia sehingga kejuaraan yang diperebutkan makin bervariasi. Untuk tim dayung yang professional mereka berlomba pada Kejuaraan Agilda Cup dan Kejuaraan Tanjung Pinang Cup, sementara pada tim yang bukan pendayung professional mereka berlomba di kategori Corporate Cup.

Pemberian dua perahu naga dari Tanjung Pinang ini adalah sebagai tanda persahabatan dari kota Tanjung Pinang kepada warga Ceko karena partisipasi Prague Dragon Boat Club pada kerjuaan yang sama di Tanjung Pinang sejak tahun 2008 lalu. Untuk itu Walikota Tanjung Pinang, Hj. Suryatati Manan, berkenan menyumbangkan perahu sejenis yang dipakai untuk lomba di kota tersebut.

Para peserta yang baru pertama mencoba perahu naga ‘Gurindam’  yakni  tim dayung professional dari Ceko, Kung Kar, menyampaikan bahwa mendayung perahu naga ini terasa lebih berat dan melelahkan dikarenakan struktur perahu yang tidak menggunakan kursi. Para pendayung benar-benar harus pandai memposisikan dirinya sehingga kekompakan terus terjaga sepanjang perlombaan.

Untuk pertamakalinya Tanjung Pinang Cup dimenangkan oleh kelompok  Energy Drachen dari Jerman, sementara Agilda Cup oleh Dresden Loewen dari kota Dresden, Jerman dan Corporate Cup oleh Certion dari Ceko.

Untuk memeriahkan acara tersebut, panitia juga menampilkan berbagai atraksi menarik seperti Barongsai China, Kung Fu, tarian India dan Indonesia diwakili oleh para penari dari Yayasan Kintari yang menampilkan tari Bajidor Kahot dan Merak.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com