Berbagai Alasan Rossi Dihukum Akibat 'Tendangan Maut'

Pembalap Movistar-Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • Reuters/Olivia Harris

VIVA.co.id - Pembalap Movistar-Yamaha, Valentino Rossi sudah mendapatkan hukuman dari pengawas balapan, terkait insidennya dengan joki Repsol-Honda, Marc Marquez, di MotoGP Malaysia, Minggu 25 Oktober 2015.

Menjadi Favorit Juara, Marquez Enggan Sesumbar

Rossi dihukum dengan penalti tiga poin dan harus start dari grid paling belakang di MotoGP Valencia, 8 November 2015 mendatang.

Pengawas balapan pun angkat bicara soal keputusannya ini. Mereka membocorkan apa saja yang menjadi pertimbangan terkait hukuman untuk Rossi.

(Baca: Lorenzo Kritik Hukuman Pengawas Balapan untuk Rossi)

Direktur Balap MotoGP, Mike Webb mengaku sudah mendengar penjelasan dari Rossi dan Marquez. Dari hasil pemeriksaan, Webb menilai insiden yang melibatkan keduanya merupakan kesalahan.

Webb menganggap, manuver Marquez saat menempel ketat Rossi sangat wajar. Dan, tak ada aturan yang dilanggar oleh The Baby Alien.

"Sayangnya, Valentino bereaksi berlebihan terhadap provokasi Marquez. Dia melakukan manuver yang melanggar aturan. Tindakan yang sangat tak terpuji, karena mengakibatkan Marquez terjatuh," kata Webb seperti dikutip Crash.

"Kami yakin, kontak yang terjadi disengaja. Dia bilang tak mau Marquez jatuh. Tapi, dia melakukannya agar bisa melebar," lanjutnya.

Di lap 13, tepatnya pada tikungan 14, Marquez memepet Rossi dengan sangat ketat. Tiba-tiba, Marquez terjatuh.

(Baca: Pembelaan Rossi Usai "Tendang' Marquez di Sepang)

Dari tayangan ulang, terlihat jelas pembalap asal Italia tersebut menendang motor Marquez. Webb menganggap, karena tendangan itulah Marquez harus mengakhiri balapan lebih cepat.

"Buktinya, Rossi sudah memasang kakinya yang menyebabkan kontak. Dilihat dari rekaman video, tak terlihat jelas bahwa kakinya terpeleset karena mencari penyangga. Itu seperti tindakan yang disengaja," tutur Webb. (asp)

Marc Marquez (depan) dan Valentino Rossi.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

"Saya sudah melakukan balapan yang bagus jika melihat poin."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016