Dekati Laga Perdana, PBSI Fokuskan Fisik dan Nutrisi Pemain

Tim Piala Sudirman Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVA.co.id - Mendekati hari pertandingan perdana, tim Indonesia yang akan bertarung pada Piala Sudirman 2015 mulai menjalani persiapan khusus.

Setelah dua hari melakukan adaptasi cuaca dan suhu udara kota Dongguan, Tiongkok, skuat Cipayung kini mulai melakukan beberapa inovasi latihan yang bertujuan untuk meredakan tensi para pemain dari tekanan jelang pertandingan.

Pelatih fisik PBSI, Ari Subarkah mengatakan bahwa dengan pola latihan yang lebih menyenangkan, tapi tanpa menghilangkan esensi dari programnya, maka seluruh anggota tim bisa merasa rileks, tidak stres, dan menghibur.

“Dua hari menjelang pertandingan, ada kemungkinan tekanan atlet semakin berat. Untuk itu, latihan dikombinasi dengan game bisa jadi pilihan agar suasana ceria, tapi tanpa menghilangkan esensi dan tujuan dari programnya,” ujar Ari.

Dikutip badmintonindonesia.org, Ari pun mengungkapkan esensi dari pola latihan tersebut. “Tetap ada unsur kelincahan, daya tahan, kecepatan. Agar lebih fun, membangkitkan semangat dan mengurangi tekanan jelang pertandingan,” kata Ari.

Selain itu, demi mempersiapkan seluruh kemampuan terbaik pemainnya, Ari berkoordinasi agar program latihan tersebut juga dapat ditunjang dengan asupan nutrisi yang seimbang selama berlangsungnya turnamen.

“Kami juga berkoordinasi dengan ahli gizi. Ahli gizi harus tahu, atlet habis latihan seperti apa, dan asupan apa yang sesuai untuk mereka. Supaya antara yang keluar dan masuk bisa seimbang,” ungkap Ari.

Dukungan 'Adik Kelas' Beri Motivasi Skuad Ganda Campuran

Babak penyisihan akan dimulai pada 10 Mei 2015. Namun, Indonesia baru akan bertanding keesokan harinya, Senin, 11 Mei melawan Inggris. (art)

Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini

Mereka mulai berlaga di nomor ganda putra, putri dan campuran.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016