Menyilaukan, Mobil F1 McLaren Terpaksa Ganti Kelir

Pit crew McLaren
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- McLaren telah memastikan akan mengganti corak warna mobil Formula One (F1) pada GP Spanyol yang akan berlangsung akhir pekan ini. Masalah pantulan sinar jadi perhitungan.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Sejauh ini, McLaren telah menggunakan mobil dengan corak chrome (perak mengilap) yang mendominasi "jet darat" milik Fernando Alonso dan Jenson Button, dilengkapi dengan aksen warna oranye.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Padahal, McLaren sudah berganti mesin dari Mercedes ke Honda pada awal musim 2015 ini. Tetapi, menurut F1i.com, perubahan corak ini bukan masalah pergantian sponsor maupun mesin.


Perubahan corak ini murni akibat masalah pantulan yang disebabkan oleh desain sebelumnya, karena dinilai bisa menganggu konsentrasi pembalap lain.


"Kami telah merevisi corak mobil. Lebih mengembangkan dampak visualnya, memaksimalkan saat tampil, baik di matahari yang terik dan juga lampu malam yang saat ini mulai sering digunakan untuk balapan malam hari," ujar juru bicara McLaren pada F1i.com.


"Hasilnya adalah sebuah desain yang dinamis, sangar, memiliki perpaduan warna abu-abu graphite, lalu dilengkapi oleh 'Speedmarks' McLaren-dayglo, untuk mengurangi masalah pantulan yang disebabkan oleh warna perak-chrome yang sebelumnya kami gunakan," lanjut sang jubir.


Principal McLaren, Ron Dennis, sebelumnya sempat mengatakan bisa mengubah corak mobil secara keseluruhan hanya dengan alasan komersial. Tapi, kini ada yang mengatakan warna-warna klasik McLaren bakal dihidupkan lagi.


Sebelumnya, McLaren begitu lekat dengan warna ikonik merah dan putih ketika masih disponsori oleh Marlboro selama hampir dua dekade. Saat itu, McLaren masih menggunakan mesin Honda dari 1988 sampai 1991.


Performa mobil MP4-30 musim ini sangat mengecewakan. Alonso dan Button hanya bisa duduki peringkat 16 dan 17 klasemen pembalap. Catatan finis terbaik keduanya adalah peringkat 11 dan sampai saat ini belum merebut satu poin pun. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya