Sebelum Bertarung, Pacquiao Sudah Merasa Dicurangi

Manny Pacquiao
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao, benar-benar tidak terima dengan kekalahan dari Flyod Mayweather Jr. Bahkan, dia sudah merasa dicurangi sebelum melakoni duel perebutan gelar WBC/WBA/WBO kelas Welter di MGM Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu 3 Mei 2015.

Petinju berjuluk Pacman itu memang tidak dalam kondisi fit jelang pertarungan karena mengalami cedera bahu kanan. Alhasil, saat berduel dengan Mayweather dia kurang maksimal dalam 12 ronde yang dilakoni.

Dia pun harus kehilangan keputusan bulat dari ketiga hakim (juri) pertarungan dengan 110-118, 112-116, dan 112-116. Pacquiao menilai Komisi Atletik Nevada (NSAC) telah bersekongkol dengan kubu Mayweather.

Sebab, dia tidak diperkenankan untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit. Padahal, petinju berusia 36 tahun tersebut sudah memboyong dua dokter pribadinya dari Los Angeles ke Las Vegas untuk tetap memantau kondisi cedera yang dideranya.

"Ketika ditanya soal itu (obat penghilang rasa sakit) sebelum pertarungan, mereka mengatakan itu adalah hukum di Nevada. Apakah seseorang pantas menerima suntikan atau tidak. Padahal ini bukan doping, ini hanya penghilang rasa sakit, tapi mereka selanjutnya mengatakan tidak apa-apa. Itulah mengapa saya membawa dua dokter dari Los Angeles ke sini (Las Vegas) untuk mengecek kondisi saya setiap malam," kata Pacquiao, dilansir Abs-Cbnnews.

Tapi, lanjut Pacquiao, jelang tanding tiba-tiba Komisi Atletik Nevada datang ke ruang ganti. Pacquiao merasa terkejut ketika mereka melarang menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang

"Itulah yang membuat saya kecewa atas keputusan NSAC, karena saya yakin mereka tahu tentang hal ini. Mereka mengklaim bahwa kami tidak mengisi persetujuan tentang hal ini, padahal kami sudah mengisinya dan memenuhi persyaratan yang mereka minta agar saya bisa mendapatkan obat penghilang rasa sakit itu," tuturnya.

Kekesalan Pacquiao kian bertambah usai NSAC juga melarangnya meminum air vitamin yang biasa dikonsumsinya. Petinju yang sudah mengalami enam kekalahan tersebut mengaku ini untuk kali pertama sejak 20 tahun kariernya dilarang meminum air vitamin.

Salah satu juri dari duel tersebut, Glenn Feldman, mengungkapkan bila kondisi Pacquiao memang tidak fit benar untuk bertarung. Itu juga yang membuat Mayweather bisa meladeni perlawanan Pacquiao dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

"Saya tidak pernah melihat Manny meringis. Namun, saya melihat tidak ada hubungannya dengan pertarungan. Mayweather berdiri tegak di tengah ring. Itu sebabnya dia menang," kata Feldman. (ase)

Atlet angkat besi Filipina, Hidilyn Diaz

Raih Medali Perak, Atlet Filipina dapat Bonus dari Pacquiao

Pacquiao keluarkan uang dari kantong pribadinya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016