6 Fakta Menarik Usai Rossi Menangi Seri Pembuka MotoGP

Valentino Rossi Juarai MotoGP Qatar
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Al-Assaad
VIVA.co.id
Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez
- Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, memenangi balapan pembuka MotoGP 2015 di GP Qatar di Sirkuit Losail, Senin 30 Maret 2015 dini hari WIB. Pembalap asal Italia itu menjadi yang terbaik usai mengalahkan duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, di posisi 2 dan 3.

Menjadi Favorit Juara, Marquez Enggan Sesumbar
Pada balapan tersebut, Rossi yang kini berusia 36 tahun, berhasil menorehkan catatan waktu 42 menit 35,717 detik, unggul 0,174 detik atas Dovizioso. Hasil itu membuat The Doctor memuncaki klasemen sementara pembalap dengan koleksi 25 poin.

‘Masih Ada Rossi, Bodoh Sebut Marquez Sudah Kuasai Gelar’
Sejumlah fakta menarik pun hadir seiring start manis Rossi di MotoGP musim ini. Di antaranya, sejak 5 tahun lalu, ini merupakan pertama kalinya pembalap yang telah memenangi 7 titel di kelas primer Grand Prix itu memimpin klasemen pembalap. 

Selain itu, tiga pembalap Italia yang menguasai podium di MotoGP Qatar 2015 menjadi catatan tersendiri. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, hampir selalu ada pembalap asal Spanyol yang naik podium. Namun, kali ini para pembalap Italia yang unjuk gigi. 

Berikut fakta-fakta menarik usai Rossi menang di Losail, seperti dilansir MotoGP Mart:

1. Rossi sudah 8 kali memenangi balapan pembuka di semua kelas, 7 di antaranya di kelas primer/MotoGP. Sebelum ini, pembalap kelahiran Urbino, Tavullia, tersebut memenangi balapan pembuka MotoGP 2010, dengan tempat sama, Losail, Qatar.

2. Hingga saat ini, Rossi total sudah 4 kali naik podium utama di Losail, Qatar. Sebelum 2015 dan 2010, The Doctor jadi yang tedepan pada MotoGP Qatar 2005 dan 2006. Ketika itu, Qatar menjadi tuan rumah di tengah-tengah musim.

3. Valentino Rossi memimpin klasemen sementara MotoGP untuk pertama kali sejak memenangi balapan pembuka musim 2010 di Qatar, atau nyaris 5 tahun lalu.

4. Terakhir kali podium dikuasai para pembalap Italia adalah pada MotoGP Jepang 2006 di Sirkuit Motegi. Ketika itu, Loris Capirossi jadi pembalap terdepan, disusul Valentino Rossi dan Marco Melandri di peringkat 2 dan 3.

5. Terakhir kali event Grand Prix di mana tak ada pembalap Spanyol yang naik podium di 3 kelas sekaligus adalah di Tiongkok pada 2005. Saat itu, podium 125cc diisi Lucas Pasini, Fabrizio Lai, Gabor Talmacsi, 250 diisi Casey Stoner, Dovisiozo, Hiroshi Aoyama, dan MotoGP diisi Rossi, Olivier Jacque, dan Melandri.

6. Terakhir kali event Grand Prix di mana tak ada pembalap Spanyol menjadi pemenang di tiga kelas sekaligus adalah pada Australia 2011. Saat itu, Sandro Cortese menang di 125cc, Alex de Angelis di Moto2, dan Casey Stoner di MotoGP. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]



[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya