Menghina Pacquiao, Eks Pemain NBA Dipecat dari Klub

Manny Pacquiao saat jalani debut sebagai pebasket (merah)
Sumber :
  • Reuters/Romeo Ranoco

VIVA.co.id - Mantan pemain NBA, Daniel Orton, harus menerima kenyataan pahit usai memberikan komentar yang dinilai menghina petinju asal Filipina, Manny Pacquiao. Orton pun dipecat oleh klubnya saat ini, Purefoods Star Hotshots.

Mantan pemain Philadelphia 76ers dan Oklahoma City Thunder itu menyebut keputusan Pacquiao untuk menekuni karier sebagai pebasket sangatlah konyol. Orton mengeluari komentar itu usai Purefoods Star Hotshots melawan tim yang dibela Pacquiao, KIA Carnival, pekan lalu.

"Sebagai petinju profesional bolehlah, tetapi tidak sebagai pemain bola basket profesional. Itu hanya lelucon," kata Orton, saat itu seperti dikutip dari ESPN.

Ternyata, komentar Orton langsung menimbulkan reaksi keras dari masyarakat Filipina. Petinju yang sudah mengemas 57 kemenangan itu, memang dianggap pahlawan olahraga bagi Filipina, seperti halnya Muhammad Ali di Amerika Serikat.

Tak ingin konflik ini berlarut-larut, Star Hotshots langsung mengambil keputusan dengan memecat Orton dari klub. Pimpinan klub, Rene Pardo, juga mengakui bila pemecatan ini untuk meredam kemarahan para penggemar petinju berjuluk Pacman itu.

"Semua orang marah kepadanya. Ini sama seperti jika orang Filipina datang ke Amerika dan menghina Martin Luther King," kata Pardo.

Mirisnya, Orton baru saja sebulan dikontrak oleh tim yang berlaga di Philippine Basketball Association (PBA) itu. Selain dipecat, Orton juga diharuskan membayar denda sebesar 250 ribu peso atau sekitar Rp70 juta oleh PBA.

Pebasket berusia 24 tahun itu bisa menerima keputusan klub. Orton juga berterima kasih telah diberikan waktu untuk bermain di kompetisi basket Filipina, dan mendoakan yang terbaik untuk Purefoods Star Hotshots.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan untuk waktu saya di Filipina dan terima kasih Purefoods untuk semuanya. Saya berharap tim yang terbaik dari keberuntungan konferensi ini !! Tuhan Memberkati!,” tulis Orton di akun Twitter miliknya. (one)

Wasit Basket Berhijab Asal Indonesia Tuntut Keadilan

Baca Juga:


Manu Ginobili Dipanggil Timnas Argentina


Kalah dari Kings, Lakers Gagal Lolos ke Playoff NBA
Kapal Silversea Silver Cloud

Tim Basket AS untuk Olimpiade 2016 Nikmati Fasilitas Mewah

Layanan kelas atas, pengamanan ketat, seluruhnya berkelas.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016