5 Langkah Sederhana Ini Dijamin Buat Wajah Anda Bercahaya

Dibalik Panggung Berlin Fashion Week 2015
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVA.co.id - Siapapun pasti merindukan untuk memiliki wajah yang bersih dan bercahaya, baik pria atau wanita. Apalagi, gangguan 'membandel', seperti jerawat, wajah kusam hingga timbulnya kerutan-kerutan yang sesungguhnya belum tiba waktunya untuk masuk masa penuaan.

Apabila Anda termasuk dalam kriteria-kriteria tersebut dan mulai pusing dengan kondisi wajah yang semakin memprihatinkan memang tak salah kalau pergi berobat ke dokter kulit. Namun, untuk ke tahapan itu justru menandakan bahwa wajah Anda memang sudah dalam sinyal '911' alias butuh pertolongan medis secara darurat.

Kalau sudah terjadi demikian, apa boleh buat. Anda pun harus bersiap-siap merogoh kocek dalam-dalam karena biayanya pasti tidaklah murah.

Akan tetapi, selama masih bisa ditangani sendiri tanpa perlu bantuan dokter kenapa tidak Anda lakukan?

Masalahnya adalah Anda mau jalani prosesnya atau butuh sesuatu yang instan?

Anggap saja Anda bersedia menjalani proses perawatan wajah tanpa perlu ke dokter. Memang butuh waktu dan kesabaran, tetapi dijamin akan sangat menghemat keuangan Anda dan hasilnya akan dapat dirasakan positif jauh lebih lama.

Berikut adalah lima langkah sederhana VIVA.co.id bagi Anda yang memimpikan punya wajah bersih, segar dan bercahaya:

Banyak tersenyum

Poin pertama dan yang terutama ini seringkali Anda lewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Coba praktekkan, mana yang enak dilihat, wajah cemberut, sedih dan marah-marah atau wajah bergembira dengan sering tersenyum?

Bagaimana Anda bisa tersenyum, kalau kebiasaannya suka marah-marah, berpikiran negatif dan simpan kesalahan orang lain. Asalkan jangan senyum-senyum sendiri tanpa ada alasan yang jelas.

Kuncinya bisa tersenyum, dengan selalu mengucap syukur di dalam kondisi apapun. Dan ternyata orang yang suka senyum itu sama juga melatih otot-otot wajahnya supaya tidak tegang sehingga ini menjauhkan Anda dari penuaan dini.

Rajin minum air putih

Langkah yang kedua ini tampaknya harus menjadi kebutuhan yang utama dibandingkan minuman lainnya. Faktanya, dengan minum air putih di pagi hari sangat efektif untuk membuang racun yang berada di darah melalui keringat dan urine sehingga wajah pun akan selalu tampil berseri-seri.

Jangan malas cuci muka

Padatnya jadwal kerja seringkali membuat Anda lupa untuk membersihkan wajah. Meski sudah mandi, tapi itu belum memberikan solusi bagi kesehatan wajah Anda.

Apabila memungkinkan, sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan obat pembersih wajah dengan merek apapun. Kalau hanya sekali-kali tidak apa-apa, asalkan jangan menjadi kecanduan karena dampak kebersihan hanya sementara sisanya pori-pori wajah pada umumnya semakin melebar dan ini memberikan peluang besar bagi masuknya bateri yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Jauh lebih aman dan alami, usaplah wajah Anda cukup dengan air bersih. Perlahan-lahan Anda bisa memijat wajah sendiri sambil membersihkannya dan setelah itu tinggal bilas dengan kain yang bersih juga.

Makan buah

Kalau Anda memang serius untuk merawat kulit wajah secara alami maka penting sekali untuk mengonsumsi buah-buahan. Hal ini tentu membantu kulit, meremajakan kulit dan membuat kulit wajah Anda tampak muda serta bercahaya.

Di saat yang bersamaan, penggunaan buah pastinya jauh lebih aman tanpa efek samping dan pastinya lebih irit. Buah-buahan secara umum bebas dari efek racun dan memiliki sejumlah manfaat bagi kulit dan kesehatan.

Cobalah Anda mengonsumsi buah-buahan, seperti pisang, lemon, jeruk, apel dan pepaya. Kelima buah tersebut kaya akan vitamin dan menjadi rekomendasi bagi Anda.

Hindari makanan berlemak

Nah, langkah yang terakhir mungkin sesuatu yang agak berat dan butuh perjuangan ekstra. Itu karena biasanya makanan yang berlemak, seperti goreng-gorengan, bakmi, cokelat dan daging adalah makanan yang selalu menjadi favorit.

Boleh saja dikonsumsi, tapi jangan berlebihan sebab makanan yang berlemak selain mengganggu diet Anda tentu berimbas pada kulit wajah yang cepat kusam. Pokoknya, hal-hal yang berbau lemak dan minyak mulai Anda hindari.

Lakukan dengan konsisten dan tekun untuk kelima langkah sederhana ini. Jangan katakan kapan Anda melakukannya, namun mulailah beraksi sekarang, hari ini juga.

Dengan demikian, Anda juga memiliki keberanian untuk menyatakan 'selamat tinggal wajah kusam'. Semoga berhasil. (one)

Bahaya Pemakaian Kertas Minyak untuk Wajah

Baca juga:

Lima Manfaat Nangka untuk Kecantikan
Melaney Ricardo dan Tyson Lynch

Mengenal Tren Perawatan Wajah Asal Dubai

Kombinasi antara pijat dengan akupuntur

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016