Ini Lawan Wakil Indonesia di BWF Super Series Finals

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan juara badminton Asian Games 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/SAPTONO

VIVAnews – Undian babak penyisihan grup turnamen BWF Super Series Finals 2014 telah keluar. Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bertemu dengan musuh bebuyutan mereka, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea).

Selain berjumpa Lee/Yoo, Hendra/Ahsan yang menghuni Grup A juga akan  melawan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea) serta Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok). Melihat hasil undian Hendra/Ahsan, bukan hal mudah buat pasangan juara All England 2014 ini untuk mengamankan tiket semifinal.

Sebab, para penghuni grup A adalah pasangan ganda putra yang cukup disegani. Meskipun memenangi pertemuan terakhir kontra Lee/Yoo di Asian Games 2014, namun tak bisa dipungkiri bahwa ganda putra rangking satu dunia tersebut kerap menyulitkan Hendra/Ahsan.

Terlihat dari rekor head-to-head kedua pasangan yaitu 5-2 untuk keunggulan Lee/Yoo. Meski begitu, Hendra/Ahsan mengaku siap untuk melawan lawan-lawannya, keduanya hanya ingin fokus di setiap pertandingannya.

"Semua pemain yang lolos ke turnamen ini memang bagus-bagus. Delapan pasangan ganda putra terbaik dunia ada di sini, jadi kami siap saja mau hasil undiannya seperti apa," kata Hendra, seperti dilansir situs PBSI.

"Lawan terberat di grup ini memang Lee/Yoo, tapi ya kami tidak mau gimana-gimana, biasa saja lah, yang penting siap. Soal strategi juga belum ada, nanti lihat kondisi di lapangan juga. Kami mau fokus satu demi satu pertandingan, pokoknya lolos ke semifinal dulu. Jadi juara atau runner up grup tidak masalah, yang penting ke semifinal dulu," sambungnya.

Hendra/Ahsan yang merupakan juara bertahan, akan menjadi andalan di turnamen ini bersama pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Indonesia mengirim empat wakil ke turnamen ini. Selain Hendra/Ahsan dan Tontowi/Liliyana, juga ada Tommy Sugiarto (tunggal putra) dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri).

BWF Super Series Finals merupakan puncak dari rangkaian super series selama setahun, turnamen ini digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, 17-21 Desember 2014. Hanya mereka yang berada di top 8 rangking super series yang bisa ambil bagian di turnamen berhadiah total 1juta dollar AS ini.

Berbeda dengan sistem pertandingan di turnamen super series, pada final super series peserta dibagi dalam dua grup dimana hanya dua terbaik yang berhak untuk lolos ke babak semifinal. 

Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

Berikut hasil undian lengkap BWF Super Series Finals 2014;

Tunggal Putra

Grup A
Chen Long (Tiongkok), Son Wan Ho (Korea), Hans-Kristian Vittinghus (Denmark), Kenichi Tago (Jepang)

Grup B
Jan O Jorgensen (Denmark), Srikanth K (India), Kento Momota (Jepang), Tommy Sugiarto (Indonesia)

Tunggal Putri
Grup A
Wang Shixian (Tiongkok), Saina Nehwal (India), Sung Ji Hyun (Korea), Bae Yeon Ju (Korea)

Grup B
Wang Yihan (Tiongkok), Ratchanok Intanon (Thailand), Tai Tzu Ying (Taiwan), Akane Yamaguchi (Jepang)

Ganda Putra
Grup A
Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia), Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea), Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok)

Grup B
Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin (Taiwan), Liu Xiaolong/Qiu Zihan (Tiongkok), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang), Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark)

Ganda Putri
Grup A
Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang), Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), Chang Ye Na/Kim So Yeong (Korea), Jung Kyung Eun/Kim Ha Na (Korea)

Grup B
Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda (Jepang), Tian Qing/Zhao Yunlei (Tiongkok), Luo Ying/Luo Yu (Tiongkok), Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia)

Ganda Campuran
Grup A
Zhang Nan/Zhao Yunlei (Tiongkok), Ko Sung Hyun/Kim Ha Na (Korea), Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris), Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman)

Grup B
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia), Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (Thailand), Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), Liu Cheng/Bao Yixin (Tiongkok)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Debby Susanto, juara All England 2016

Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade

Praveen dan Debby secara mengejutkan juara All England 2016.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016