Data dan Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Abu Dhabi

Pembalap Mercedes, Nico Rosberg diikuti oleh Lewis Hamilton
Sumber :
  • REUTERS/Max Rossi

VIVAnews – Balapan Formula 1 (F1) musim ini sudah memasuki seri ke-19 dan akan berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu 23 November 2014 pukul 20.00 WIB. GP Abu Dhabi ini menjadi seri pamungkas musim ini, sekaligus penentuan gelar juara dunia.

Kandidat juara sendiri ada pada duo Mercedes, yaitu Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Akan tetapi, Hamilton berada di atas angin karena menjadi pemuncak klasemen pembalap dengan raihan 334 poin atau unggul 17 angka dari Rosberg.

Namun, ada beberapa yang bisa menggagalkan Hamilton meraih gelar juara dunia keduanya ini.  Uniknya lagi, regulasi F1 sudah menetapkan sistem double point untuk seri terakhir ini,  artinya bila menang akan meraih 50 poin (dari sebelumnya 25 poin).

Aturan itu juga akan berlaku untuk pembalap yang meraih posisi 2 hingga 10.  Sebelum menyaksikan persaingan para pembalap F1 di atas lintasan, mari kita simak dulu beberapa data dan fakta menarik dari GP Abu Dhabi dari situs resmi Formula One:

1.
Srikuit Yas Marina memiliki panjang 5,554 kilometer, dan 21 tikungan (9 ke kanan, 12 ke kiri). Para pembalap akan melakoni 55 laps dengan jarak balapan 305,355 kilometer.

2. Hanya ada 2 area untuk mengaktifkan Drag Reduction System (DRS) pada sirkuit Yas Marina. DRS bisa diaktifkan setelah genap 2 putaran awal balapan, atau 2 putaran setelah start ulang, atau 2 putaran setelah safety car meninggalkan lintasan.

3. Balapan nanti, akan menjadi gelaran GP Abu Dhabi yang keenam kalinya. GP Abu Dhabi pertama kali digelar pada 2009, kala itu Sebastian Vettel dari Red Bull keluar sebagai pemenangnya.

4. Balapan terlama pada GP Abu Dhabi terjadi pada 2012, dengan catatan waktu 1 jam 45 menit 58,667 detik. Sedangkan balapan yang tercepat terjadi pada 2009 dengan raihan waktu 1 jam 34 menit 03,414 detik.

5. Di musim sebelumnya, Mark Webber (Red Bull) berhasil meraih pole position dengan waktu 1 menit 39,957 detik. Namun, Sebastian Vettel yang berhasil meraih podium pertama, disusul dengan Mark Webber dan Nico Rosberg dari Mercedes.

6. Sebastian Vettel, Nico Rosberg, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Jenson Button menjadi pembalap aktif yang terbanyak mengikuti seri Abu Dhabi, yakni 5 kali. Sedangkan Kamui Kobayashi, Felipe Massa, dan Adrian Sutil baru 4 kali mengikutinya.

7. Sebastian Vettel menjadi pembalap yang sering memenangkan GP Abu Dhabi, yaitu tiga kali menang. Sedangkan Lewis Hamilton dan Kimi Raikkonen masing-masing meraih satu kemenangan.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Baca juga:

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya