Skenario Hamilton dan Rosberg Raih Gelar Juara F1 2014

Nico Rosberg (kiri) dan Lewis Hamilton
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Seri Formula 1 (F1) GP Abu Dhabi akan menjadi penentu, siapa yang bakal keluar sebagai juara di musim ini. Kandidat juara ada pada duo Mercedes, yaitu Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Kemenangan Rosberg di GP Brasil membuat persaingan perebutan gelar juara semakin sengit. Akan tetapi, Hamilton berada di atas angin karena menjadi pemuncak klasemen pembalap dengan raihan 334 poin atau unggul 17 angka dari Rosberg.

Balapan sendiri akan dimulai dengan sesi latihan bebas lebih dulu di Yas Marina, di mana sesi pertama akan berlangsung besok hari pukul 16.00 WIB. Kemudian, para pembalap akan memulai sesi balapan pada Minggu 23 November 2014 pukul 20.00 WIB.

Berikut skenario untuk menjadi juara dunia F1 2014, seperti dilansir BBC.

Lewis Hamilton

1. Jawara dunia F1 2008 ini harus memastikan kemenangan atau menjadi runner-up pada GP Abu Dhabi bila ingin menjadi juara.

2. Hamilton masih bisa meraih gelar juara bila finis di posisi 3, 4 atau 5. Namun, dengan catatan Rosberg gagal meraih kemenangan atau meraih poin sempurna, yakni 25 angka.

3. Bila meraih posisi 7 atau 8, kemudian Rosberg gagal naik podium. Maka, Hamilton masih bisa meraih gelar juara dunia.

4. Apabila Hamilton gagal finis, pembalap asal Inggris ini masih bisa juara bila Rosberg gagal masuk 5 besar.

Nico Rosberg

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

1. Apabila Rosberg meraih podium pertama di GP Abu Dhabi dan Hamilton gagal jadi runner-up, maka Rosberg bisa menjadi juara dunia.

2. Jika Rosberg hanya mampu meraih runner-up, dia masih bisa meraih gelar juara dunia pertamanya. Akan tetapi, dengan catatan Hamilton gagal tembus 5 besar.

3. Finis di posisi 4 masih bisa membuat Rosberg juara, namun Hamilton minimal finis di posisi 9.

4. Bila Rosberg menyelesaikan lomba di urutan 5, dan Hamilton gagal masuk 10 besar, maka gelar juara tetap untuk Rosberg.

Catatan:
Regulasi F1 menetapkan sistem double point untuk seri terakhir ini,  artinya bila menang akan meraih 50 poin ( dari sebelumnya 25 poin). Aturan ini juga berlaku untuk posisi 2 hingga 10.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022