Bridge Janjikan Banyak Medali Emas di Asian Games

Juara dunia bridge asal Indonesia, Heng pabky Lasut-Eddy Manoppo
Sumber :

VIVAnews - Pundi-pundi emas Indonesia di ajang Asian Games bisa bertambah. Dengan satu syarat, mengikutsertakan bridge sebagai salah satu cabang di ajang multi event yang akan digelar di Indonesia pada 2018 mendatang.

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI), Ekawahyu Kasih. Menurutnya, kualitas atlet Indonesia sangat disegani di kawasan Asia Pasifik bahkan dunia.

“Seandainya kami bisa masuk Asian Games, kami menjanjikan dua emas bisa diraih. Ini bisa meningkatkan peringkat kita. Kalau untuk SEA Games tak perlu ditanya, kita yang terbaik di Asia Tenggara,” ujar Ekawahyu di depan wartawan.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Bridge pernah dipertandingkan dalam SEA Games 2011 saat Palembang menjadi tuan rumah. Saat itu, Indonesia menjadi juara umum dan berhasil meraup empat emas, satu perak dan tiga perunggu.

“Karena itu, kami mohon pemerintah bisa mendorong agar cabang bridge bisa dipertandingkan di Asian Games,” lanjutnya, di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga hari Selasa, 18 November 2014.

Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015

Indonesia saat ini memang memiliki sepasang juara dunia. Pasangan Heng pabky Lasut-Eddy Manoppo dinobatkan sebagai juara dunia setelah menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Dunia Bridge 14th Red Bull World Bridge Series di Sanya, Hainan, Tiongkok, 15-25 Oktober.

Berkat prestasinya, sang juara dunia “diguyur” bonus sebesar Rp300 juta dari Djarum Foundation yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Bagi tim bridge Indonesia, prestasi ini pantas dibanggakan karena yang pertama kali sejak berkiprah di turnamen serupa pada 1970-an.

Selain itu, Indonesia juga berhasil merebut dua medali perunggu lewat nomor Beregu Putri (Rury Andhani, lusje Olha Bojoh, Suci Amita Dewi, Kristina Wahyu Murniati, Conny Sumampouw, Julita Grace Tueja dan Veterano Sitompul.) lalu lewat nomor pasangan putri (Dewi Suci dan Murniati).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya