Jajal Mesin Baru, Vettel Absen di Sesi Kualifikasi GP AS

Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel
Sumber :
  • REUTERS/David Gray
VIVAnews –
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Sebastian Vettel dikonfirmasi akan absen pada sesi kualifikasi Formula 1 (F1) GP Amerika Serikat, Sabtu, 1 November 2014. Hal tersebut dikarenakan pembalap Red Bull itu akan menjajal mesin terbaru timnya.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Jawara dunia F1 4 kali itu membutuhkan mesin baru guna melahap lintasan balap di sirkuit Austin tersebut. Kabar beredar, Vettel akan memakaikan mesin dengan 5 silinder pada mobil RB10 miliknya untuk menyelesaikan balapan di 3 terakhir ini.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Dengan keputusan tersebut,  maka Vettel akan terkena penalti 10 grid dan bila Red Bull memilih perubahan unit daya secara keseluruhan, maka mereka harus memulai balapan dari pitlane. Vettel mengaku putusan ini karena hasil kurang maksimal di awal musim.


“Kita harus mendapatkan mesin tambahan pada tahap tertentu di tahun ini, dan sangat memungkin terjadi pada acara (GP AS) di sini. Jelas, kami memiliki hasil yang buruk paruh musim ini karena banyak kendala,”  kata Vettel, dilansir
ESPN F1.


Namun, Vettel sendiri diperkirakan masih bisa turun pada sesi kualifikasi bebas yang akan dimulai besok, Jumat 31 Oktober 2014. Meski begitu, putusan dari Vettel ini cukup menimbulkan kontroversi dan juga kecaman dari panitia GP AS.


“Sepertinya itu akan terjadi di Austin. Aturan ini benar-benar bodoh. Jadi orang-orang menyalakan televisi dan melihat seorang driver yang hanya berdiri di sekitarnya dan tidak ada hubungannya dengan balapan,” ujar panitia GP Austin kepada PlanetF1.


Hal senada juga disampaikan oleh pendiri Circuit of the Americas, Bobby Epstein. Meskipun, dia menilai keputusan dari pembalap asal Spanyol tersebut tidak akan mempengaruhi penjualan tiket balapan di seri ke 17 ini.


“Saya menyesal mendengar bahwa ia (Vettel) mungkin tidak ikut di babak kualifikasi. Hanya saja terlalu buruk. Saya ingin melihat dia mulai di grid pada hari Minggu. Ini tidak akan mempengaruhi penjualan tiket kami, karena sebagian besar orang datang ke sini untuk menikmati balapan itu,” ucap Epstein.


Vettel saat ini masih menempati posisi ke 5 klasemen sementara pembalap dengan raihan 143 poin dan baru 4 kali naik podium. Pembalap berusia 27 tahun ini sendiri besar kemungkinan akan hijrah ke Ferrari pada musim depan nanti.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya