Jagoan Bulutangkis Malaysia Tersangkut Kasus Doping

Pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVAbola - Kabar tak sedap kembali menyelimuti olahraga Malaysia. Pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei, dicurigai telah menggunakan doping saat Kejuaraan Dunia di Kopenhagen, Denmark, akhir Agustus 2014 lalu.
Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade

Dilansir The Star, Chong Wei gagal dalam tes doping yang hasilnya baru keluar kemarin. Sejak 1 Oktober 2014, Chong Wei bersama beberapa atlet Malaysia lainnya memang diminta untuk mengirimkan sampel urin dalam program tes doping yang digelar di Negeri Jiran.
Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

Selama 16 hari, tim khusus dari Kementerian Olahraga Malaysia bekerja untuk memeriksa kandungan doping yang terdapat dalam tubuh para atlet. 
Alasan Ahsan/Hendra Usai Tersingkir Cepat dari All England

Menteri Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, sempat mengaku sudah tahu ada beberapa atletnya yang memang menggunakan doping. Namun, saat itu dia masih enggan membeberkan siapa saja atlet yang dicurigai menggunakan doping.

Kasus yang menimpa Chong Wei ini tentunya menjadi pukulan yang sangat telak bagi bulutangkis Malaysia. Pasalnya, pria 31 tahun adalah atlet andalan Malaysia di olahraga tepok bulu ini dalam beberapa tahun.

Khairy tampak tak percaya dengan kasus yang menimpa Chong Wei. Dia menduga, Chong Wei secara tidak sengaja mengonsumsi doping saat masih menjalani masa pemulihan cedera pahanya di periode Juli hingga Agustus 2014.

Saat itu Chong Wei memang sempat mendapatkan perawatan medis dari dokter luar. Khairy akan melakukan investigasi lebih lanjut terkait tindakan medis apa saja yang diterima Chong Wei selama pemulihan cederanya.

Sementara itu, pihak BWF masih belum berkomentar hingga sekarang. BWF masih menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Olahraga Malaysia.

Sebelum Chong Wei, atlet wushu asal Malaysia, Tai Cheau Xuen, telah terbukti menggunakan doping saat berlaga di Asian Games 2014. Akibatnya, medali emas yang diraih Tai Cheau harus diserahkan kepada Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya