Manny Pacquiao, dari Tinju ke Bola Basket

Manny Pacquiao saat jalani debut sebagai pebasket (merah)
Sumber :
  • Reuters/Romeo Ranoco

VIVAbola – Ada yang mengejutkan dari petinju Filipina, Manny Pacquiao. Petinju berjuluk Pac Man ini baru menjalani laga debutnya sebagai pemain basket profesional pada Minggu 19 Oktober 2014.

Pacquiao tampil memperkuat klub basket Filipina, Kia Sorento, pada laga pembuka PBA (Phillipine Basketball Association) musim ke-40. Sebagai pemain pendatang baru, Pacquiao juga dinobatkan sebagai rookie tertua sepanjang sejarah PBA, mengingat usianya kini telah menginjak 35 tahun.

Bukan hanya sebagai pemain, Pacquiao juga sekaligus menjabat sebagai pelatih di Kia Sorento. Pacquiao mengenakan kostum nomor 17, dan mendapat sambutan meriah penonton ketika namanya dipanggil untuk memasuki Philippine Arena.  

Dalam pertandingan pembuka PBA musim ini, Pacquiao dimainkan sejak menit pertama oleh Kia Sorento, yang harus berhadapan dengan Blackwater Elite. Permainan Pacquiao terbilang bagus, dan tak canggung lagi meski untuk pertama kalinya tampil di kompetisi basket profesional bergengsi di Filipina. 

Sebelum pertandingan bergulir, sebuah video yang menampilkan seorang presenter, Michael Buffer, langsung membuat  stadion meriah. “Mari kita bersiap-siap untuk menyambutnya (Pacquiao),” ujar Buffer ketika memperkenalkan Pacquiao.   

Tentu saja, Pacquiao tak benar-benar beralih profesi sebagai pebasket. Untuk mengikuti acara dan bermain dalam pertandingan ini saja, Pacquiao harus mendapat izin khusus dari pelatih Freddie Roach. Apalagi Pac Man saat ini juga tengah dalam masa persiapan sebelum pertarungan melawan Chris Algieri pada 22 November 2014 di Tiongkok.

Hendak Perkosa PRT, Petinju Olimpiade Dipenjara

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Reaksi petinju China setelah sadar salah mengira dirinya menang.

Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang

Dia sempat kebingungan melihat lawannya ikut selebrasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016