Pemerintah Diminta Tidak Hapus Kemenpora

Rumah Bola Kemenpora
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama
- Pemerintahan baru pimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kala diharapkan tidak melebur Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemempora). Pasalnya, instansi ini dianggap tak hanya berperan penting dalam bidang olahraga saja, melainkan juga bagi kepemudaan.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Pendapat ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), M Arief Rosyid Hasan. Menurutnya, wacana pencoretan Kemenpora dari pemerintahan baru bakal menimbulkan masalah baru. 
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan


"Pada pemerintahan yang baru kami berharap bahwa masalah kepemudaan dan olahraga menjadi salah satu fokus utama dari kerja kabinet yang akan dibentuk," ujar Arief dalam rilisnya kepada wartawan.


"Apalagi keberhasilan Jokowi-JK melaju menjadi presiden terpilih saat ini tidak dapat dipisahkan dari kontribusi kaum muda yang mengharapkan adanya perubahan yang nyata di negeri ini," beber Arief.


Afief menambahkan, maka sudah tentu instansi Kemenpora harus tetap didukung pemerintahan Jokowi-JK. Arief juga menilai, isu peleburan Kemenpora bukanlah tindakan yang tepat mengingat besarnya potensi kepemudaan di masa mendatang.


Namun Arief melihat perlu dilakukan modifikasi untuk lebih menguatkan peran Kemenpora ke depan. "Jadi harus revitalisasi fungsional nantinya dalam instansi Kemenpora, sehingga mampu melakukan koordinasi lintas sektoral untuk menghindari terjadinya fragmentasi kebijakan seperti selama ini kita rasakan," beber Arief.


"Jadi tidak hanya membutuhkan keberadaan instansi Kemenpora, tapi juga pembaharuan perlaksanaannya."


Arief mengaku telah berbicara kepada JK mengenai hal ini. Dia optimistis, peleburan instansi Kemenpora, tidak akan terjadi. "Saya optimis peleburan ini tidak dilakukan pemerintahan nanti, setelah saya mendapat jawaban langsung dari JK, dan memastikan bahwa Kemenpora tetap ada," beber Arief.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya