Medali Emas Wushu Belum Dikembalikan, Malaysia Terancam Sanksi

Tai Cheau Xuen
Sumber :
  • Thestar.com
VIVAnews –
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
Dewan Olimpiade Asia (OCA) meminta atlet wushu asal Malaysia, Tai Cheau Xuen, untuk segera mengembalikan medali emas yang diraihnya di Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan. OCA pun tak segan untuk memberikan sanksi kepada Malaysia bila hal tersebut tak dilakukan.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Sebelumnya, OCA telah menyatakan Tai Cheau positif menggunakan doping, dalam urinenya ditemukan kandungan sibutramine. Upaya banding yang dilakukan oleh Malaysia pun telah resmi ditolak dan Tai Cheau dinyatakan bersalah.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


OCA meminta Tai Cheau mengembalikan medali emas yang diraihnya pada 20 September lalu,  sebelum pulang ke Malaysia. Namun, keberadaan Tai Cheau saat ini masih belum diketahui. Kabar beredar bahwa atlet berusia 23 tahun itu sudah pulang ke Malaysia.


“Saat ini, medali tersebut sudah tak ada nilainya. Namanya akan dihapus dari daftar pemenang dan perolehan medali Malaysia akan diperbarui, " kata juru bicara OCA, Jeans Zhou Jian, seperti dilansir The Star.


OCA segera menghubungi Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) untuk mengembalikan medali itu. Bila Tai Cheau bersikeras menahan medali itu, maka Federasi Wushu Internasional (IWUF) akan memberikan sanksi berat kepada Malaysia dan atletnya.


Emas akhirnya jatuh kepada atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasmi, dan medali perak diraih wakil Tiongkok, Wei Hong.  Sementara itu, atlet wushu Indonesia lainnya, Ivana Ardelia Irmanto, yang saat itu hanya menempati posisi 4 berhak meraih perunggu.


Zhou Jian mengatakan bahwa panitia Asian Games ke-17 segera menyiapkan medali emas yang baru untuk diserahkan ke Juwita Niza. OCA tak perlu menunggu Malaysia dulu untuk mengembalikan medalinya.


Perolehan medali Indonesia pun mengalami perubahan. Sejauh ini, kontingen Indonesia sudah mengumpulkan 20 medali, antara lain 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu. Indonesia saat ini menempati posisi 16 di klasemen perolehan medali. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya