Fakta-fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Singapura

Nico Rosberg.
Sumber :
  • REUTERS/Pablo Sanchez.
VIVAnews -
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Balapan Formula 1 (F1) musim ini sudah memasuki seri ke 14 dan akan berlangsung di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu, 21 September 2014. Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg kembali menguasai posisi terdepan pada balapan nanti.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Sebelum menyaksikan persaingan para pembalap F1 yang akan berlangsung pukul 19.00 WIB itu, kita simak dulu beberapa fakta menarik dari GP Singapura. Berikut fakta-fakta yang berhasil dirangkum dari situs web 
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Formula One:

1. Dari enam kali diselenggarakannya GP F1 Singapura, Fernando Alonso tercatat hanya satu kali gagal naik podium. Pada balapan nanti, pembalap asal tim Ferrari itu akan memulai balapan dari posisi enam.


2. Sirkuit Marina Bay Street memiliki panjang 5,065 kilometer dengan jumlah tikungan sebanyak 23 (sembilan ke kanan dan 14 ke kiri). GP Singapura akan berlangsung selama 61
laps
dengan jarak balapan 308,828 kilometer.


3. Balapan GP Singapura pertama kali digelar pada 2008 silam, dan kala itu Fernando Alonso yang masih membela Renault sukses menjadi pemenangnya.  Rekor
lap
di GP Singpura milik Sebastian Vettel  1 menit 48,574 detik, waktu tersebut diraihnya pada 2013.


4. Balapan terlama di GP Singapura terjadi pada 2012, dengan catatan waktu 2 jam 00 menit 26,1 detik. Sedangkan untuk yang tercepat terjadi pada 2009 dengan waktu 1 jam 56 menit 06,3 detik.


5.
Pole position
di musim lalu diraih Sebastian Vettel dari Red Bull. Sementara untuk raihan podium, Vettel berhasil mengisi tempat pertama, disusul oleh Fernando Alonso (Ferrari), dan Kimi Raikkonen (Lotus).


6. Sebastian Vettel, Nico Rosberg, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Jenson Button menjadi pembalap (aktif) paling sering mengikuti balapan GP Singapura, yaitu enam kali balapan.


7. Sebastian Vettel menjadi pembalap yang paling sering meraih kemenangan di GP Singapura, yaitu dengan tiga kemenangan. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya