Ikuti Jejak Putri, Tim Beregu Putra Indonesia Gagal Sumbang Medali

Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVAnews – Harapan Indonesia meraih medali dari nomor beregu di cabang Bulutangkis di ajang Asian Games 2014 pupus sudah. Putra-putra Indonesia takluk oleh Taiwan dengan skor 1-3 di babak perempat final, Minggu 21 September.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Gyeyang Gymnasium, Incheon, Korea Selatan, Indonesia menurunkan Tommy Sugiarto di partai pembuka. Tommy mampu menang di set pertama dengan skor 21-13 atas Chou Tien Chen.

Tien Chen coba bangkit di set kedua, Tommy yang merupakan rangking ke 5 dunia pun terpaksa takluk dengan skor tipis 19-21. Berlanjut ke set ketiga, Tommy langsung tertinggal 1-5 dari petenis tunggal Taiwan tersebut.

Tien Chen semakin memperlebar jarak, dan akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 21-14, dan kemenangan ini membawa Taiwan unggul 1-0. Tommy mengakui kekalahannya ini dikarenakan faktor psikologis yang membuatnya tak bisa bermain dengan baik.

“Chou Tien bermain lebih safe. Tetapi, masalahnya ada di saya, sebetulnya secara permainan tidak ada masalah. Namun, ada faktor nonteknis yang secara psikologis mempengaruhi penampilan saya di lapangan. Saya tidak bisa bermain lepas dan nyaman, bawaannya emosi saja,” ungkap Tommy di situs PBSI.

Di partai kedua, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan membuat asa tim beregu putra untuk ke semifinal kembali terbuka. Meski sempat mendapat perlawanan ketat dari Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin, jawara dunia 2013 itu berhasil menuntaskan laga dengan kemenangan 21-19 21-18.

Skor menjadi imbang 1-1, dan selanjutnya giliran Jonatan Christie yang turun. Senasib dengan Tommy, pemain yang menggantikan peran Simon Santoso ini pun tumbang 15-21 17-21 dari Hsu Jen Hao. Skor 2-1 untuk keunggulan Taiwan.

Harapan Indonesia tinggal lewat pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputro, tapi ternyata mereka belum bernasib baik. Keduanya tumbang oleh Chen Hung Ling/Liao Min Chun dengan skor 16-21 18-21. Alhasil, laga Ihsan Maulana Mustofa vs Hsueh Hsuan Yi tak perlu dimainkan lagi.

Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

Taiwan pun memastikan diri ke babak semifinal dengan kemenangan 3-1 atas Indonesia. Dengan hasil ini, tim beregu putra mengikuti jejak tim putri yang sudah lebih dulu tersingkir dari Jepang di babak perempat final. Kini harapan Indonesia tinggal di nomor perorangan. (one)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Debby Susanto, juara All England 2016

Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade

Praveen dan Debby secara mengejutkan juara All England 2016.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016