Fakta-fakta Menarik di Asian Games 2014

Asian Games 2014
Sumber :
VIVAnews –
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
Asian Games 2014 akan resmi dibuka hari ini, Jumat 19 September 2014. Turnamen olahraga terbesar se-Asia itu akan digelar di Incheon, Korea Selatan, dari 19 September hingga 4 Oktober mendatang.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Sebenarnya, para kontestan sudah berjuang memperebutkan medali dari beberapa hari lalu, seperti pada cabang olahraga sepakbola. Namun, resminya Asian Games edisi ke-17 ini akan menggelar upacara pembukaannya di Stadion Utama Incheon Asia.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


Upacara pembukaan yang digelar nanti malam ini diprediksi disaksikan sekitar 4,5 miliar manusia di seluruh benua Asia. Asian Games 2014 akan diikuti oleh 14 ribu atlet dan staf 48 negara.


Terpilihnya Korea sebagai tuan rumah tak lain karena voting yang digelar oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA). Korea yang meraih 32 suara, sukses mengalahkan India yang hanya mendapat 13 suara.


Berikut fakta-fakta menarik di Asian Games 2014 yang berhasil dirangkum dari situs resminya:

1. Ini untuk kali ketiganya Korea menggelar Asian Games, sebelumnya Korea pernah menjadi tuan rumah pada 1986 di Seoul dan 2002 di Busan. Sayang, Korea belum pernah meraih juara umum dan hanya menjadi langganan di posisi 3 besar.


2. Meski jadi tuan rumah, kontestan yang dikirim oleh Korea kalah banyak dari sang juara bertahan, Tiongkok. Korea hanya mengirimkan 831 atlet, sedangkan Tiongkok menerjunkan 894 atlet dalam Asian Games kali ini.


3. Brunei Darussalam menjadi kontingen terkecil di Asian Games 2014 ini, mereka hanya mengirimkan 11 atlet.


4. Sebanyak 439 medali emas akan diperebutkan oleh para peserta Asian Games dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Edisi kali ini menyediakan medali emas lebih banyak untuk atletik, yakni 47 emas.


5. Tiongkok menjadi negara dengan perolehan medali emas terbanyak, yaitu 199 medali pada Asian Games 4 tahun lalu di Guangzhou. Peringkat kedua ada Korea Selatan yang hanya mendapatkan 76 medali emas.


6. Tiongkok sudah mendominasi turnamen ini sejak Asian Games digelar di New Delhi, India, pada 1982. Sementara itu, Korea Selatan unggul atas Jepang sebanyak 4 kali berturut-turut.


7. Korea Selatan hanya menargetkan 90 medali emas di Asian Games 2014. Mereka mengincar emas di beberapa cabang olahraga, seperti menembak, anggar, panahan, renang, dan boling.


8. Indonesia hanya mengirimkan 187 atletnya ke Korea Selatan yang terdiri atas 18 cabang olahraga, seperti taekwondo, tinju, karate, wushu, gulat, panahan, equestrian (berkuda), bowling, atletik, renang, balap sepeda, kano, rowing, angkat besi, dan bulutangkis, soft tenis, sepak takraw, voli pantai, serta sepakbola.


9. Indonesia menargetkan 9 medali emas di Asian Games kali ini. Target ini lebih tinggi dari 4 tahun lalu di Tiongkok, kala itu Indonesia hanya mampu memperoleh 4 medali emas dan berada di peringkat 15 di akhir turnamen. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya