Fakta-fakta Menarik F1 GP Belgia

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton (depan) berduel dengan rekannya, Nico Rosberg.
Sumber :
  • REUTERS/Steve Crisp

VIVAnews – Balapan Formula 1 (F1) akan kembali bergulir usai jeda selama 1 bulan. Seri ke-12 akan berlangsung di Sirkuit Spa, Minggu 24 Agustus mendatang.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton masih menjadi yang terkuat sejauh ini. Keduanya masih memuncaki klasemen sementara pembalap, begitu juga dengan Mercedes untuk kelas konstruktor. Namun, tim Red Bull menjadi ancaman cukup serius pada paruh kedua musim ini.

Para pembalap sendiri akan mengawali GP Belgia dengan sesi latihan bebas lebih dulu, yang akan berlangsung pada 22-23 Agustus. Namun, sebelum menyaksikan aksi dari para pembalap, mari kita simak fakta-fakta menarik di GP Belgia yang berhasil dirangkum dari situ resmi F1.

Berikut fakta-fakta pada F1 GP Belgia:
1. Balapan akan berlangsung pada sirkuit yang memiliki nama lengkap, Spa-Francorchamps. Sirkuit yang pertama kali digunakan pada 1924 ini, memiliki panjang lintasan 7,004 kilometer dengan 19 tikungan (10 ke kiri dan 9 ke kanan).

2. Terdapat 2 area untuk mengaktifkan Draf Reduction System (DRS) pada sirkuit Spa. DRS hanya bisa pakai saat mobil akan menyalip lewat jarak kecepatan di bawah 1 detik dengan mobil di depannya.

Selain itu, DRS bisa diaktifkan setelah genap 2 putaran awal balapan, atau 2 putaran setelah start ulang, atau 2 putaran setelah safety car meninggalkan lintasan.

3. Para pembalap yang melangsungkan balapan di sirkuit Spa ini, akan melahap 44 laps dengan jarak balapan 308,052 kilometer.

4. Balapan pertama yang berlangsung di Spa terjadi pada 1950 dan dimenangkan oleh pembalap Alfa Romeo, Juan Manuel Fangio.

5. GP Belgia sudah berlangsung sebanyak 58 kali dan diselenggarakan di 3 sirkuit yang berbeda. Sirkuit-sirkuit tersebut adalah Spa-Francorchamps (46 kali), Zolder (10), dan Nivelles (2).

6. Balapan yang terlama di GP Belgia berlangsung selama 3 jam 3 menit 46,3 detik pada 1952. Sedangkan balapan yang tercepat terjadi pada 2004 dengan raihan waktu 1 jam 8 menit 05,0 detik, yang diraih oleh Kimi Raikkonen saat masih membela McLaren-Mercedes.

7. Jenson Button menjadi pembalap (aktif) terbanyak yang mengikuti GP Belgia, yaitu sebanyak 12 kali. Pada posisi 2 ada Fernando Alonso (10), disusul oleh Kimi Raikkonen dengan 9 balapan.

8. Pembalap yang paling memenangkan balapan adalah Michael Schumacher (6 kali), Ayrton Senna (5), Jim Clark dan Kimi Raikkonen (4).  Sedangkan konstruktor paling banyak dimenangkan oleh Ferrari dengan 16 kali. (ita)

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022