Bridgestone Luncurkan Ban Baru untuk MotoGP Australia & Valencia

Marc Marquez, Valentino Rossi, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews - Bridgestone, selaku penyuplai ban tunggal MotoGP, kembali mengeluarkan ban baru untuk menghadapi MotoGP Australia, 19 Oktober 2014, dan Valencia, 9 November 2014. Ban ini diklaim bisa membantu pembalap mengatasi sirkuit yang memiliki banyak tikungan seperti di Phillip Island dan Valencia.
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Bridgestone mengeluarkan ban depan asimetris untuk menghadapi MotoGP Australia dan Valencia. Ban ini disebut-sebut bisa memberikan kontrol yang nyaman ketika para pembalap melakukan manuver di tikungan.
Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Selain itu, ban ini juga bisa memberikan stabilitas saat pembalap melakukan pengereman. Sejauh ini, para pembalap masih menggunakan ban simetris dengan pembagian kompon yang sama di setiap sudutnya.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria

"Kami menawarkan ban depan asimetris baru untuk para pembalap dalam evaluasi di Brno. Dan beberapa pembalap telah mengambil kesempatan mencoba ban ini serta memberikan timbal balik," jelas Manajer Pengembangan Bridgestone, Shinji Aoki, seperti dilansir Crash.

"Meski Brno adalah sirkuit yang imbang dan bukan tempat yang cocok untuk ban asimetris, kami tetap ingin mencobanya dalam situasi rem serta transisi saat tikungan," sambung dia.

Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan, Aoki mengatakan para pembalap cukup puas dengan kualitas ban depan asimetris ini. 

"Mereka menilai ban ini bekerja dengan baik. Jadi, kami akan membawa ban depan asimetris baru ini ke Phillip Island dan Valencia, di mana sirkuit itu memiliki perbedaan yang besar antara sudut kiri dan kanan. Dengan ban ini para pembalap akan mendapat level kenyamanan tinggi dengan kualitas balapan yang ketat," tutur Aoki.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya