Menpora Resmikan Tugu Khatulistiwa di Kayoa

Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
- Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo meresmikan Tugu Khatulistiwa di Pulau Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Ini merupakan bagian dari rangkaian acara Lintas Khatulistiwa Pemuda yang digagas Kemenpora.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Selama ini, titik 0 derajat yg dilewati garis Khatulistiwa hanya ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Namun, mulai 2014, akan ada empat titik baru yang tersebar dari bagian timur hingga barat Indonesia.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit


Sebelumnya, pada Mei 2014 Roy juga meresmikan Tugu Khatulistiwa di Pulau Kawe, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Sedangkan berikutnya, akan tugu yang sama akan diresmikan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Pontianak, dan berakhir di Bonjol, Sumatera Barat.


"Hanya 12 negara yg dilewati oleh Garis Katulistiwa. Dan, di antara 400 gugusan pulau di Maluku Utara ini, ada satu yang dilewati yaitu Kayoa, sehingga sudah semestinya bangga akan hal ini," kata Roy Suryo saat memberikan sambutan, Sabtu 7 Juni 2014.


Roy juga mengatakan bahwa ada posisi 0 derajat yang lebih akurat ketimbang Kayoa, yaitu di Tawabi. Namun, mengingat lokasinya tak memungkinkan untuk didirikan tugu, lantaran berisi hutan bakau, maka akhirnya tugu didirikan di Kayoa.


"Namun, hal ini tak perlu dipermasalahkan. Setiap peristiwa itu selalu ada penanda. Jika nanti ada tugu lagi, sebagai penyempurnaan, silakan saja. Jadi, kita semua tak perlu risau," kata Roy.


Acara Lintas Khatulistiwa Pemuda di Halmahera Selatan sendiri masih akan berlanjut hingga Minggu, 8 Juni 2014 besok. Akan ada perlombaan renang pesisir pantai Labuha, Pulau Bacan, yang ditargetkan akan diikuti 1400 lebih peserta, sehingga akan memecahkan rekor MURI.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya