Fakta-fakta Menarik Jorge Lorenzo & Marc Marquez

Pembalap Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • Helmetbook
VIVAnews –
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Gelaran balapan MotoGP Spanyol musim ini terasa spesial bagi Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Pasalnya, balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 4 Mei 2014, akan menjadi penampilan ke-200 Lorenzo dan ke-100 untuk Marquez.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Selain dua fakta tersebut, berikut beberapa fakta menarik lainnya yang dirangkum dari Crash.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Pembalap Movistar-Yamaha, Jorge Lorenzo:
1.
Lorenzo mengukir rekor pertamanya di balapan perdana kelas 125cc, pada GP Spanyol 2012. Dia menjadi pembalap termuda yang pernah bermain di ajang Grand Prix, satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-15.


2.
Jawara dunia MotoGP dua kali ini adalah pembalap ke-23 yang berhasil mencapai balapan ke-200 Grand Prix melintasi lima kelas berbeda.


3.
Lorenzo yang memulai debutnya di MotoGP pada 2008 silam, akan merayakan ulang tahun ke-27 pada GP Spanyol, hari ini, sekaligus menjadi pembalap termuda yang mampu mencapai balapan ke-200.


4.
Dari 199 kali balapan yang telah dilakoni, Lorenzo 52 kali memenanginya, 113 kali naik podium, dan berada di posisi enam besar sebanyak 138 kali. Rekan setim Valentino Rossi ini juga telah membukukan 55 pole position.


5.
Lorenzo telah berlaga di 26 sirkuit yang berbeda dan 19 kali di antaranya berhasil dimenangkan. Sirkuit yang belum pernah dimenangi yakni Aragon, Austin, Istanbul, Sachsenring, Suzuka, Welkom, dan Termas de Rio Hondo.


Pembalap Repsol-Honda, Marc Marquez:

1.
Marquez yang saat ini berusia 21 tahun 76 hari, menjadi pembalap termuda keempat yang sukses meraih 100 kali balapan. Sebelumnya, ada Scott Redding, Jorge Lorenzo, dan Sandro Cortese.


2.
Dari 99 balapan yang telah dilakoni, jawara dunia MotoGP 2013 ini telah mengenyam 35 kemenangan. Dia juga telah 58 kali naik podium dan 40 kali memulai balapan dari posisi pertama.


3.
Marquez telah berlomba di 22 sirkuit yang berbeda, dan telah 19 kali di antaranya berhasil ditaklukkan. Hanya tiga sirkuit yang belum bisa dia menangi, yaitu Jerez, Donington Park, dan Shanghai.


4.
Dari tiga kelas berbeda yang pernah diikuti , Marquez tak pernah meraih kemenangan di Sirkuit Jerez ini.


5.
Marquez pertama kali meraih kemenangan pada GP Italia 2010 di kelas 125cc. Kemudian, ia tampil cemerlang dengan meraih 35 kali menang dari 67 kali dia start. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu berhasil mencatat rasio kemenangan fantastis, yakni 52,2%. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya