Harga Kuda Pacu di Aceh Capai Rp250 Juta

Kuda Pacu seharga Rp250 juta di Aceh Tengah
Sumber :
VIVAnews
Olimpiade 2016 Mulai Diusik Gangster?
- Pacuan kuda menjadi salah satu olah raga terkenal di Aceh, khususnya di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Di kabupaten yang terkenal dengan kopi ini, pacuan kuda menjadi salah satu olah raga paling diminati oleh muda-mudinya.

Ketika Messi Harus Bersaing dengan Seekor Kuda Pacu

Kuda-kuda yang digunakan untuk ajang pacuan kuda juga bukan kuda-kuda biasa. Sebagian kuda juga didatangkan dari luar daerah dengan harga yang cukup tinggi. Harga kuda pacu berkisar Rp100 juta hingga Rp250 juta dengan umur kuda rata-rata 2 hingga 2,5 tahun.
Respon Positif Juri FEI Terhadap WDC Indonesia


“Untuk kuda pacu, harganya tergantung pada kecepatan, ketangkasan, dan cantiknya kuda itu. Biasanya kuda yang larinya cepat dan sering menjadi juara, harganya bisa mencapai Rp200-250 juta,” ujar salah seorang pemilik kuda pacu di Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Yoga, kepada
VIVAnews
, Selasa lalu.


Selain harganya yang cukup tinggi, biaya perawatan kuda pacu juga terbilang cukup mahal. Dalam sebulan, kuda pacu menghabiskan biaya sebesar Rp5 juta untuk perawatannya. “Perawatannya banyak, mulai dari makannya sampai diberi suntikan berbagai macam vitamin, dua hari sekali,” katanya.


Yoga yang baru saja membeli kuda pacu baru dari Padang, Sumatera Barat seharga Rp150 juta ini mengaku memiliki kesenangan tersendiri punya kuda pacu. Meski usianya baru 18 tahun, ia telah diwariskan kecintaannya kepada kuda oleh kakeknya yang juga mengoleksi kuda.


Kuda-kudanya tidak ia gunakan sendiri dalam setiap ajang perlombaan. Katanya, kuda-kuda tersebut nantinya digunakan oleh joki khusus untuk mengikuti berbagai ajang lomba pacuan kuda di daerah yang dikenal dengan sebutan Gayo tersebut.


Yoga juga merupakan salah seorang pemilik lokasi perawatan kuda di Aceh Tengah, yang dijaga oleh pekerjanya, Mulyadi. Setiap harinya, Mulyadi merawat sekitar 7 ekor kuda, dua di antaranya kuda pacu, tiga kuda yang dijadikan induk dan 2 kuda kecil berusia 2 bulan yang dipersiapkan sebagai kuda pacu.


“Untuk kuda induk tidak terlalu rumit perawatannya, dia cukup dikasih dedak saja dan dilepas cari rumput sendiri. Kalau kuda pacu agak rumit, selain dikasih dedak, setiap dua hari sekali harus disuntik vitamin juga
dimandiin,
’ kata Mulyadi.


Pacuan kuda menjadi olahraga khas daerah dingin itu yang digelar hampir setiap bulannya. “Perlombaannya tidak tentu. Kadang sebulan sekali, kadang juga bisa dua atau tiga bulan sekali. Hadiahnya beragam, ada yang Rp7 juta hingga Rp10 juta,” kata Yoga. (art)


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya