Terpuruk di Latihan Bebas I, Lorenzo Salahkan Ban

Jorge Lorenzo (99) dan Colin Edwards (5) di Sirkuit Losail Qatar
Sumber :
  • REUTERS/Mohammed Dabbous
VIVAnews
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah hanya menempati posisi 9 pada latihan bebas 1 MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Kamis 20 Maret 2014. Lorenzo menyalahkan buruknya kualitas ban Bridgestone.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Lorenzo merupakan juara bertahan MotoGP Qatar dalam dua musim terakhir. Namun, juara dunia MotoGP 2010 dan 2012 itu terancam gagal mempertahankan gelar setelah hanya menjadi tercepat kesembilan di latihan bebas 1. Lorenzo bahkan tertinggal hingga hampir 1,5 detik dari rider Forward Yamaha, Aleix Espargaro.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Usai sesi latihan bebas, Lorenzo mengungkapkan kekesalannya. Pembalap asal Spanyol itu menyalahkan kualitas ban Bridgestone yang dianggap tidak memiliki cengkeraman. Lorenzo merasakan kualitas ban paling buruk selama kariernya.


"Kami tidak punya cengkeraman. Ketika berada di tengah balapan, Anda tidak merasakan cengkeraman seperti tahun lalu. Ketika saya melewati tikungan dan memulai untuk membuka kopling, saya tidak punya cengkeraman. Ketika melakukan akselerasi, saya merasa ban tidak rata dan sulit dikendalikan," ujar Lorenzo seperti dilansir Crash.


Bridgestone memang mengubah konstruksi ban belakang untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi kualitas karet musim lalu, terutama di MotoGP Australia. Namun, Lorenzo mengatakan ban belakang baru Bridgestone justru semakin buruk kualitasnya.


"Sangat buruk, terutama di tikungan panjang. Ketika mau membuka kopling dan lebih agresif, saya kehilangan ban belakang. Sepertinya saya tidak punya sistem cengkeraman, padahal sistem itu bekerja dengan baik. Itu artinya ban belakang Anda tidak punya cengkeraman," tegas Lorenzo.


Latihan bebas 1 MotoGP Qatar justru dikuasai Espargaro, yang notabene pembalap dari tim Kelas Terbuka. Tim-tim satelit seperti Gresini Honda dan Tech 3 Yamaha juga menunjukkan dominasinya.


Sementara itu, rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, hanya menempati posisi 7. Sedangkan duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, hanya menempati posisi 6 dan 11. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya