Ducati Akan Fokus di Kelas Terbuka MotoGP 2014?

Dovizioso ketika menjalani sesi FP GP Belanda
Sumber :
  • REUTERS/Paul Vreeker
VIVAnews
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Kabar mengejutkan datang dari tim MotoGP Ducati. Tim asal Italia itu dirumorkan akan menjalankan keempat motor mereka pada ajang MotoGP 2014 di Kelas Terbuka.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Kelas Terbuka adalah desain baru untuk mengganti kategori Claiming Rules Team (CRT) di MotoGP 2014. Tim-tim kategori Kelas Terbuka diizinkan mengirit bahan bakar hingga 24 liter saat balapan, sedangkan tim pabrikan hanya boleh 20 liter.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Keuntungan lain tim-tim Kelas Terbuka adalah mereka boleh menggunakan 12 mesin dalam satu musim, dan bisa mengembangkannya. Sementara itu, tim pabrikan hanya boleh menggunakan 5 mesin dan tidak diizinkan mengembangkannya selama musim berlangsung.


Salah satu kelemahan Kelas Terbuka adalah, mereka hanya boleh menggunakan paket elektronik yang dikembangkan pihak MotoGP. Sementara itu, tim pabrikan boleh mengembangkan paket elektronik sendiri.


Awalnya, Ducati berencana hanya menurunkan satu pembalap di Kelas Terbuka musim ini, yakni Yonny Hernandez yang memperkuat Pramac Racing. Sementara itu, Andrea Dovisioso, Cal Crutchlow, dan Andrea Iannone bertarung di bawah regulasi tim pabrikan.


Namun,
Crash.net
melansir pihak Ducati sedang mempertimbangkan untuk menurunkan keempat pembalapnya di Kelas Terbuka. Hal itu dilakukan agar Ducati bisa fokus melakukan pengembangan motor Desmosedici.


Sejak Casey Stoner menjadi juara dunia MotoGP 2007, Ducati sulit bersaing dengan dua tim pabrikan lainnya, Honda dan Yamaha. Bahkan, Ducati tidak pernah meraih kemenangan sejak Stoner hengkang ke Honda pada akhir 2009.


Hingga kini, Ducati belum mengambil keputusan. Dovisioso mengatakan, keputusan baru akan diambil setelah menjalani tes resmi pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, 4-6 Februari 2014. "Belum ada keputusan. Tapi, di Sepang, setelah kami melakukan tes, maka akan memilih jalan mana yang akan kami ambil," tegasnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya