YACR ke-10, Edukasi Pembalap di Level Internasional

Yamaha Cup Race
Sumber :
  • yamaha

VIVAnews - Yamaha ASEAN Cup Race (YACR) ke-10 bakal kembali digelar di Sentul International Circuit, Bogor, pada Sabtu 30 November hingga 1 Desember 2013. Pada edisi tahun ini, event motorsport Yamaha tersebut akan diikuti 5 negara dan melibatkan 44 pembalap di dua kelas.

Enam negara peserta adalah Indonesia sebagai tuan rumah, juara bertahan Thailand, Malaysia, Filipina, India, dan Jepang. Indonesia akan mengikutsertakan 10 rider yang lolos dari perjuangan mereka di seri region dan final Yamaha Cup Race.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Sementara itu, Malaysia dan Thailand masing-masing mengutus 10 pembalap, Filipina dengan enam pembalap, India lima pembalap, dan Jepang hanya tiga pembalap.

Dua kelas yang dibuka di YACR tahun ini yaitu, kelas Expert/Seeded Sport (ST) dan kelas Novice/Pemula Moped (Manual Transmission). Kelas Sport menggunakan motor street sport model Yamaha YZF-R15 dan kelas Moped dengan motor juara Indoprix 2013, Jupiter Z1. Sebanyak 21 pembalap akan ikut ambil bagian untuk Kelas Sport dan 23 pembalap di Kelas Moped.

"Yamaha ASEAN Cup Race adalah event motorsport Yamaha yang tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tapi juga merupakan tempat edukasi untuk meningkatkan performa pembalap agar mendapatkan pengalaman bertarung di level internasional," kata General Manager Service and Motorsport Yamaha Indonesia, M. Abidini, dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jumat 29 November 2013.

"Tahun ini dibuka kelas Sport bebek. Melalui event ini pun Yamaha ingin mempertegas brand image, khususnya lewat motorsport dan sebagai persiapan untuk kompetisi 2014," katanya.

Bagi Indonesia, YACR tahun ini juga menjadi ajang unjuk gigi kekuatan, khususnya dengan Jupiter Z1. Motor ini pun akan menjadi senjata tim Yamaha di Motoprix 2014. Indonesia untuk keempat kalinya menjadi tuan rumah YACR, yakni pada 2003, 2006, 2009, dan tahun ini.

Yamaha Indonesia juga paling banyak mengoleksi gelar juara, yaitu lima gelar pada 2003, 2006, 2007, 2009, dan 2010.

Tema YACR kali ini adalah "Rock and Race", yang memadukan hingar-bingar dunia balap dan musik rock. Opening ceremony dengan bintang utama pembalap Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo, yang akan mengitari trek Sentul dengan menunggangi YZF-R6 edisi 2014, yang baru saja diluncurkan di Indonesia. (art)

Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015
Yapnas Charity Golf Tournament 2013

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Turnamen golf GGI 2015 akan dihelat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015