SPORT

Marc Marquez, Sang Juara Termuda MotoGP

Julukan Baby Alien tak salah disematkan kepada Marquez
Senin, 11 November 2013
Oleh : Windi Wicaksono
Juara dunia MotoGP 2013, Marc Marquez

VIVAnews – Bukan main sensasi rider Repsol Honda, Marc Marquez di pentas MotoGP musim ini. Pembalap asal Spanyol itu akhirnya menyudahi tahun ini dengan menjadi juara dunia MotoGP 2013.

Dengan finis di urutan ketiga balapan di Valencia, Marquez merebut gelar juara MotoGP dari pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang juga pesaing terberatnya musim ini. Lorenzo sendiri finis terdepan di Valencia, namun perolehan poinnya tak bisa mengalahkan milik Marquez.

Padahal, Marquez merupakan rookie di ajang MotoGP tahun ini, dan pencapaiannya itu menyamai catatan Kenny Roberts, yang juga berstatus rookie kala menjadi juara dunia 1978 di kelas utama. Bukan hanya itu, dengan usia yang masih 20 tahun, Marquez juga menjadi juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah.

Marc Marquez lahir di Cervera, Spanyol pada 17 Februari 1993. Dia mengawali debut pertamanya sebagai pembalap kelas 125cc pada tahun 2008. Podium pertama dia peroleh pada saat balapan berlangsung di Donington Park, Inggris. Hasil itu sekaligus menjadi pembalap termuda Spanyol (15 tahun, 127 hari) untuk mendapatkan podium, mengalahkan rekor yang sebelumnya dibuat Dani Pedrosa.

Rekor lainnya, Marquez jadi rookie sekaligus pembalap termuda pertama yang meraih empat kemenangan beruntun di MotoGP. Pemuda 20 tahun ini juga menjadi pembalap pertama setelah Valentino Rossi pada 2008, yang memenangi empat atau lebih balapan di kelas Premier.

Sebelum menjadi juara MotoGP 2013, Marquez juga sempat menyabet gelar juara dunia kelas 125cc pada 2010, dan  menjadi juara dunia kelas Moto2 pada 2012. Prestasi itu juga yang membuat dia awal tahun ini menandatangani kontrak dua tahun bersama Repsol Honda untuk turun di ajang MotoGP.

Tak salah pula Honda memilih pembalap bernama lengkap Marc Marquez Alenta ini untuk menggantikan tempat Casey Stoner, yang akhir tahun lalu memutuskan pensiun dari ajang MotoGP. Baby Alien menjawab kepercayaan tersebut dengan menjadi juara dunia MotoGP 2013.  

TERKAIT
TERPOPULER