Simon Santoso Kalahkan Juara Bertahan Korea Open

Pebulutangkis Indonesia, Simon Santoso
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Simon Santoso akhirnya mampu membalas kekalahan dari Lee Dong Keun (Korea) pada babak ketiga turnamen Korea Open Grand Prix Gold 2013 dengan permainan straight game, 21-19, 21-13. Sebelumnya, Simon dikalahkan Lee pada turnamen New Zealand Open Grand Prix 2013.

“Saya senang bisa membalas kekalahan di pertemuan sebelumnya. Pada pertandingan tadi, di game pertama saya buru-buru. Di game kedua, saya mencoba lebih sabar dan mengubah permainan hingga akhirnya menang,” ujar Simon, pemain didikan klub Tangkas Specs.

Mengomentari penampilan Simon di babak ketiga, sang pelatih, Marlev Mainaky, menyebutkan bahwa anak didiknya bermain sesuai yang diharapkan. Tampil tenang dan penuh percaya diri, Simon akhirnya memupuskan harapan Lee untuk mempertahankan gelar yang ia raih di kandang tahun lalu.

“Simon hari ini bermain tenang dan confident. Walau beberapa kali merasa dirugikan oleh wasit dan hakim garis, saya sudah mengingatkan dia kalau protes harus tetap tenang dan tidak terpengaruh ke permainan,” kata Marlev kepada Badmintonindonesia.org.

Sementara itu secara teknik permainan, Simon yang merupakan juara Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012, dinilai Marlev lebih unggul. Sedangkan Lee hanya sering mengandalkan smash keras.

“Skill Simon lebih lengkap, dia bisa mematikan lawan lewat smash, chop, dan drop shot. Kalau Lee smash-nya keras, tetapi pukulannya sudah terbaca semua oleh Simon,” jelas Marlev.

Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

Adu Mental

Lee Hyun Il, pemain gaek asal Korea, akan menjadi lawan Simon di babak perempat final. Skor pertemuan sementara diungguli Lee dengan kedudukan 4-1.

“Mereka sama-sama pemain berpengalaman, kualitas pukulan juga sama-sama bagus dan matang. Yang paling penting pada pertandingan besok, Simon harus yakin dan siap bermain ketat. Jadi mentalnya sudah siap diadu, tidak boleh kendur,” ungkap Marlev.

Ditambahkan Marlev, Simon mesti mewaspadai permainan Hyun Il yang rapi dan jarang melakukan kesalahan sendiri. Simon diharapkan dapat mengeluarkan serangan-serangan yang dianggap Marlev lebih membunuh ketimbang serangan Hyun Il.

Partai perempat final Korea Open Grand Prix Gold 2013 akan berlangsung pada Jumat 8 November mendatang di Stadion Jeonju Indoor Badminton Court, mulai pukul 13.00 waktu setempat. (ren)

Alasan Ahsan/Hendra Usai Tersingkir Cepat dari All England
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Debby Susanto, juara All England 2016

Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade

Praveen dan Debby secara mengejutkan juara All England 2016.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016