Tiru Sukses Timnas U-19, PBSI Akan "Blusukan"

Kasubid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky.
Sumber :
  • badmintondeutschland
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) ingin menggunakan pola pencarian bakat seperti yang diterapkan Timnas Indonesia U-19. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, menegaskan pihaknya akan menggunakan pola "blusukan" seperti yang dilakukan pelatih Indra Sjafri.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Timnas U-19 baru saja meraih sukses di Piala AFF U-19 2013 dan Pra Piala Asia U-19 2014. Salah satu kunci sukses Tim Garuda Jaya adalah dengan mencari potensi-potensi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, atau biasa disebut "blusukan". Rexy menegaskan cabang bulutangkis semestinya melakukan hal sama.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


"Bulutangkis juga harus seperti itu. Kita harus menjemput bola. Karena potensi-potensi itu memang bisa ditemukan di pelosok-pelosok. Ya, istilahnya blusukan. Kami sudah siapkan, dan mudah-mudahan bisa secepatnya dilaksanakan," ujar Rexy dalam acara "Angkat Raketmu" di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2013.


Mantan pasangan Ricky Subagja itu juga berharap para pemain yang masuk Pelatnas merupakan pebulutangkis yang sudah siap bersaing di kancah internasional. Artinya, mereka tidak perlu lagi diajarkan mengenai teknik-teknik dasar.


"Seharusnya yang masuk pelatnas itu para pemain yang sudah benar-benar siap. Pemain juara. Kami akan usahakan seperti itu," ucap peraih medali emas pada Olimpiade 1996 Atlanta itu.


Prestasi bulutangkis Indonesia cukup meningkat dalam satu tahun terakhir. Yang teranyar, dua wakil Indonesia: ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil merebut gelar juara dunia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya