Bridgestone Tunda Luncurkan Ban Baru di MotoGP Ceko

Valentino Rossi (46) memimpin balapan MotoGP Belanda
Sumber :
  • REUTERS/Paul Vreeker

VIVAnews - Bridgestone menunda peluncuran ban belakang baru berkompon keras di seri MotoGP Ceko pada Minggu 25 Agustus 2013. Produsen karet hitam asal Jepang itu hingga kini masih melakukan uji menyeluruh terhadap produk mereka sebelum digunakan.

Bridgestone berencana akan memperkenalkan ban itu di MotoGP Ceko. Tapi tampaknya, mereka belum puas atas pengembangan yang mereka lakukan. "Setelah melakukan uji coba terakhir di sirkuit Brno, kami memutuskan mengubah pasokan," bunyi pernyataan Bridgestone sebagaimana dikutip Crash.

"Spesifikasi lain dari ban keras yang baru ini akan lebih lembut di sisi kiri. Untuk diketahui, kompon saat ini, lebih keras di sisi kanan. Rencananya, kami akan memasok ban baru ini pada akhir pekan ini setelah membuat kesepakatan dengan Komissioner balapan saat seri di Indianapolis," sambung pernyataan Bridgestone 

Bridgestone memberikan ban belakang lebih lembut dan keras. Dari lima seri berbeda yang telah dilalui, pabrikan tersebut memberikan ban ekstra-soft, soft, medium-soft, medium dan hard. Namun dalam sembilan balapan musim 2013 ini berlangsung dalam kondisi kering. Tim pabrikan seperti Honda, Yamaha, dan Ducati cenderung menyukai ban belakang yang lebih lembut.

Banyak yang Minta Rujuk Sama Natasha Rizky, Desta Respons Bijak Begini

Ini terlihat pada seri kedua di Austin, Texas. Tim dan pembalap sulit mengambil keputusan karena  harus menggunakan ban belakang dengan kompon yang lebih keras. Bridgestone sadar, ban keras buatan mereka tidak populer.

Bridgestone menganalisa, pembalap berharap bisa mencapai kecepatan optimal di awal lomba. "Daripada memakai ban yang menawarkan tingkat grip yang lebih konsisten sepanjang balapan," ujar Chief Engineer Bridgestone, Masao Azuma. (ren)

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri

Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

Terdapat 115 WNI di Israel dan 376 WNI di Tehran.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024