Jeda Kompetisi, Ferrari Lakukan Evaluasi

Fernando Alonso di Sirkuit Suzuka
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Tim Prinsipal Ferrari, Stefano Domenicali menyatakan pihaknya akan melakukan investagasi terhadap menurunnya performa mobil dalam beberapa balapan selama jeda paruh musim 2013.

Pria berkacamata itu merasa Ferrari tidak mampu tampil kompetitif di GP Hungaria. Pembalap utama tim 'Kuda Jingkrak', Fernando Alonso dipaksa bekerja keras saat balapan berlangsung. Alonso finis di peringkat 5.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Tidak ingin masalah itu menjadi sandungan bagi sang pembalap untuk merebut gelar juara dunia, Domenicali menegaskan, tim tidak akan bersantai selama libur kompetisi. Persoalan ban, menurut Domenicali, masih menjadi kendala utama Ferrari.

"Kami telah melihat jelas, ada perbedaan besar dalam balapan pertama sampai saat ini. Di awal musim, kecepatan kami sangat kuat. Sayangnya, di GP Hungaria, kami telah mencermati tidak mampu bersaing dengan dua ban soft dan medium," ujar Domenicali dikutip dari Autosport.

Domencali mengatakan, Ferrari harus tanggap menangani masalah itu, agar tim yang identik dengan warna merah tersebut bisa bertahan dalam persiangan menuju gelar juara dunia. "Ban (Pirelli) akan tetap kami gunakan sampai akhir musim nanti," Domenicali melanjutkan.

"Banyak aspek tergantung dari pilihan ban dalam lomba. Kami harus menganalisa dengan hati-hati masalah ban, karena Mercedes tampaknya berhasil memecahkan masalah itu. Ini terlihat saat lomba," ujur Domenicali.

Kendati banyak aspek yang perlu dievaluasi, bos Ferrari itu menyatakan tim telah tampil menjanjikan dalam balapan di GP Jerman dan Inggris. "Kami telah mendongkrak kecepatan mobil dalam kualifikasi. Namun, tidak dalam balapan."

Domenicali menambahkan, tim telah melakukan serangkaian persiapan menatap balapan di GP Belgia pada 25 Agustus 2013. "Kami memiliki program untuk lomba di Spa-Francorchamps. Semoga saja, kami bisa mengatasinya."

"Tidak ada lagi alasan, kami merasakan tekanan  negatif. Saya berharap reaksi cepat dari staf teknis. Saat ini, hal itu menjadi yang terpenting," tutur Domenicali. (one)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022