SBY: Obama Penggemar Bulutangkis Indonesia

Presiden AS Barack Obama bertemu Presiden SBY di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melepas tim bulutangkis Indonesia yang akan tampil pada Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou, China, 5-11 Agustus 2013. Dalam pelepasan di Istana Negara, Senin 29 Juli 2013, SBY menceritakan kisah kecintaan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, akan bulutangkis Indonesia.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Kisah itu terjadi dalam sebuah pertemuan sejumlah kepala negara dunia. Dalam satu percakapan santai yang terdiri dari 10 orang, SBY ditanya mengenai olahraga andalan Indonesia di ajang Olimpiade. Pertanyaan tersebut justru dijawab Obama dengan cepat.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


"Mengapa saya ingat Obama? Karena ada pertanyaan: Bicara olimpiade, Indonesia apa keunggulannya. Obama lalu jawab lebih dulu, 'badminton!'," ujar SBY meniru jawaban Obama saat itu.


SBY kemudian ikut menimpalinya. "Betul, namun belakangan kami harus kesulitan untuk menghadapi banyak pesaing lain seperti China dan lainnya," tegas SBY.


Menurut SBY, Obama masih ingat dengan prestasi-prestasi gemilang dan euforia bulutangkis Indonesia. "Dia tahu bintang-bintang bulutangkis Indonesia yang sering juara. Memorinya masih ada soal itu," papar SBY.


SBY mengaku selalu berusaha menonton pertandingan pebulutangkis Indonesia. SBY juga kerap mengirim pesan singkat dukungan melalui Menpora sejak dijabat Adhyaksa Dault, Andi Mallarangeng hingga kini Roy Suryo.


Mengenai keikutsertaan pebulutangkis Indonesia di Kejuaraan Dunia 2013, SBY meminta Liliyana Natsir dan kawan-kawan memberikan penampilan yang terbaik.


"Rakyat Indonesia, termasuk saya, adalah suporter yang kuat. Saudara semua yang harus membawa panji-panji dan nama baik Indonesia, yang penting berikan yang terbaik. Kami berikan dukungan penuh. Do your best, do the best," pinta SBY.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya