Gubernur Riau: Tak Ada Alasan Menpora Pindahkan ISG

Gubernur Riau Rusli Zainal
Sumber :
  • ANTARA/Fachrozi Amri

VIVAnews - Gubernur Riau, Rusli Zainal, kecewa dengan sikap Menpora, Roy Suryo yang bersikeras memindahkan ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 ke Jakarta. Rusli menegaskan Riau sudah siap menjadi tuan rumah ISG.

Hal tersebut diungkapkan Rusli setelah Menpora melakukan peninjauan kesiapan Riau menjadi tuan rumah ISG. Bersama Menko Kesra, Agung Laksono, Menpora melihat persiapan Stadion Utama Riau dan Stadion Renang di Kompleks Olahraga Rumbai.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Meski tidak ada kendala teknis seperti venue tempat berlangsungnya pertandingan, Menpora menilai, status Rusli sebagai tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi bisa mengancam perhelatan ISG di Riau.

"Persoalan terberatnya adalah non-teknis. Pertanyaanya sekarang, jika ada sesuatu terjadi dengan Gubernur Riau, siapa yang bertanggung jawab? Wakilnya, pak Mambang Mid sudah menyatakan tidak berani," ujar Menpora.

Pernyataan Menpora disesalkan Rusli. Pasalnya, Menpora hanya menyoroti status dirinya sebagai tersangka KPK, sedangkan kesiapan Riau untuk menggelar ISG diabaikan.

"Saya yakin setelah kunjungan ini, Menpora tidak memiliki alasan memindahkan ISG ke Jakarta. Selama ini yang menjadi persoalan, kesiapan Stadion Utama dan kolam renang. Anda sudah lihat tidak ada masalah di kedua venue itu," papar Rusli.

"Kalau status saya, ini acara Indonesia, bukan acara Riau. Jadi ini hanya masalah manajerial saja. Jakarta sudah macet. Jadi kami harus memikirkan pembangunan di daerah. Saya optimis, tidak akan ada pemindahan ke Jakarta," sambung Rusli yang juga berstatus sebagai Ketua Pelaksana ISG.

Jika statusnya masih dipermasalahkan Menpora, Rusli mendorong agar pemerintan membuat Keppres baru."Ada penugasan negara untuk kami melalui Keppres nomor 15 tahun 2012 di mana  Riau sebagai tuan rumah, dan saya sebagai Ketua Pelaksana."

"Kalau ada sesuatu terjadi kepada saya, masih ada orang kedua yang bisa di-Keppres-kan. Jadi, tidak ada alasan untuk memindahkan ISG dari Riau," Rusli menegaskan.

ISG diikuti oleh negara-negara Islam yang tergabung dalam organisasi OKI. ISG 2013 dijadwalkan berlangsung pada 22 September hingga 1 Oktober 2013.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024