SPORT

Marathon yang Terkena Bom Itu, Ajang Tertua di Dunia

Boston Marathon kali pertama digelar pada 1897.

ddd
Selasa, 16 April 2013, 12:39
Bom meledak pada lomba marathon di Boston
Bom meledak pada lomba marathon di Boston (REUTERS/NBC)
VIVAnews - Boston Marathon merupakan ajang lomba marathon tertua di dunia. Dimulai pada 1897, Boston Marathon merupakan salah satu dari enam ajang marathon paling bergengsi di dunia.

Boston Marathon 2013 di Massachusetts, Amerika Serikat, Senin 15 April 2013 waktu setempat, menjadi sorotan dunia setelah terjadi dua serangan bom di sela-sela lomba. Pada pukul 14.50 waktu setempat atau ketika lomba berjalan 4 jam dan 10 menit, ledakan pertama terjadi sekitar 20 meter dari garis finis.

10 detik kemudian, ledakan kedua terjadi, berjarak sekitar 100 meter dari ledakan pertama. Kedua ledakan tersebut membuat 3 orang tewas, termasuk bocah laki-laki 8 tahun, dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka.

Boston Marathon merupakan salah satu ajang bergengsi lomba marathon di dunia. Terbukti untuk tahun ini, ada sekitar 23 ribu peserta yang mengikuti lomba, dengan sekitar 500 ribu penonton menyaksikan Boston Marathon.

Boston juga salah satu dari enam ajang marathon bergengsi di dunia. Lima lainnya yakni Tokyo Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon dan New York Marathon.

Terinsipirasi dari ajang marathon di Olimpiade 1896, perlombaan Boston Marathon pertama digelar pada 1897. Boston Marathon selalu digelar bertepatan dengan Patriot's Day, atau pertempuran pertama Perang Revolusi Amerika Serikat.

Sejak 1969, Boston Marathon selalu digelar pada hari Senin ketiga bulan April, atau saat hari libur nasional masyarakat Massachusetts. Penduduk lokal menyebut Boston Marathon sebagai Marathon Monday, karena selalu dilaksanakan pada Senin.

Pada 1975, Boston Marathon menjadi ajang marathon bergengsi pertama yang memasukkan kategori kursi roda dalam perlombaan. Boston Marathon juga memiliki kategori lainnya untuk penyandang cacat, termasuk untuk tunanetra. (one)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
jembrox
16/04/2013
pengecut!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id