Marathon yang Terkena Bom Itu, Ajang Tertua di Dunia

Bom meledak pada lomba marathon di Boston, AS
Sumber :
  • REUTERS/NBC
VIVAnews
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
- Boston Marathon merupakan ajang lomba marathon tertua di dunia. Dimulai pada 1897, Boston Marathon merupakan salah satu dari enam ajang marathon paling bergengsi di dunia.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Boston Marathon 2013 di Massachusetts, Amerika Serikat, Senin 15 April 2013 waktu setempat, menjadi sorotan dunia setelah di sela-sela lomba. Pada pukul 14.50 waktu setempat atau ketika lomba berjalan 4 jam dan 10 menit, ledakan pertama terjadi sekitar 20 meter dari garis finis.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban


10 detik kemudian, ledakan kedua terjadi, berjarak sekitar 100 meter dari ledakan pertama. Kedua ledakan tersebut membuat 3 orang tewas, termasuk bocah laki-laki 8 tahun, dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka.


Boston Marathon merupakan salah satu di dunia. Terbukti untuk tahun ini, ada sekitar 23 ribu peserta yang mengikuti lomba, dengan sekitar 500 ribu penonton menyaksikan Boston Marathon.


Boston juga salah satu dari enam ajang marathon bergengsi di dunia. Lima lainnya yakni Tokyo Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon dan New York Marathon.


Terinsipirasi dari ajang marathon di Olimpiade 1896, perlombaan Boston Marathon pertama digelar pada 1897. Boston Marathon selalu digelar bertepatan dengan Patriot's Day, atau pertempuran pertama Perang Revolusi Amerika Serikat.


Sejak 1969, Boston Marathon selalu digelar pada hari Senin ketiga bulan April, atau saat hari libur nasional masyarakat Massachusetts. Penduduk lokal menyebut Boston Marathon sebagai Marathon Monday, karena selalu dilaksanakan pada Senin.


Pada 1975, Boston Marathon menjadi ajang marathon bergengsi pertama yang memasukkan kategori kursi roda dalam perlombaan. Boston Marathon juga memiliki kategori lainnya untuk penyandang cacat, termasuk untuk tunanetra. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya