SPORT

Subhan Aksa Jalani Debut di Ajang WRC-2

Subhan akan mulai tampil di seri Portugal, 11-14 April 2013.

ddd
Selasa, 2 April 2013, 15:25
Subhan Aksa
Subhan Aksa (suarapengusaha)
VIVAbola - Pereli Indonesia, Subhan Aksa akan memulai perjuangan mengukir prestasi di kelas WRC-2 tahun ini. WRC-2 merupakan gabungan SWRC dan PWRC.

Subhan yang membela Bosowa Fastro Rally Team akan mengawali kelas WRC-2 pada seri Portugal, 11-14 April 2013. Di ajang ini, Subhan akan menggunakan mobil baru, Ford Fiesta RRC (Regional Rally Car) didukung dengan rumah modifikasi resmi M-Sport yang khusus mengembangkan mobil-mobil reli Ford.

Spesifikasi mobil Fiesta RRC dan Fiesta RS WRC yang pernah dipakai Subhan sebelumnya tidak jauh berbeda. "Yang beda mungkin hanya sistem aerodinamika dan pipa turbo yang beda diameternya," kata Subhan.

Menurut Subhan, Fiesta RRC bisa dimodifikasi jadi Fiesta RS WRC hanya dalam waktu 6 jam dengan menyesuaikan regulasi teknisnya. Namun, Subhan menjelaskan ada risiko sendiri saat mengendarai mobil baru dengan stir kiri.

Dia mengaku butuh waktu untuk beradaptasi, karena untuk pertama kali akan membalap dengan posisi setir sebelah kiri. "Imbas yang saya rasakan adalah berubahnya posisi driving style. Saya akan coba meningkatkan refleks. Namun, kendala ini hanya soal kebiasaan. Untuk menyesuaikan diri, saya mengemudikan mobil di Jakarta dengan setir kiri," sambung pembalap 26 tahun itu.

Subhan rencananya akan mencoba tunggangan baru ini pada Senin 8 April 2013 di Portugal. Kendati belum bisa sepenuhnya memahami mobil, Subhan percaya diri bisa mencatatkan waktu terbaik di seri perdana. Dia akan dibantu navigator baru, Nicola Arena asal Italia.

"Dia sudah mengikuti sekitar 300 kejuaraan reli. Pengalaman yang dia miliki di berbagai trek sangat membantu. Sejauh ini, kami tinggal meningkatkan komunikasi," beber Subhan.

Mengenai target di musim perdana WRC-2, Subhan tidak memasang target tinggi. Dia akan mengevaluasi perjalanan di 6 seri WRC-2 musim ini.

"Sepanjang tahun, saya akan melihat perjalanan di beberapa seri dahulu, kemudian baru menentukan target. Ada 3 seri yang menjadi target untuk meraih poin, yaitu Yunani, Jerman dan Spanyol," kata Subhan. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog