SPORT

Rider Hongkong Jadi Raja Tanjakan Etape 2 BTdI 2012

Tanjakan mendominasi etape sejauh 147,6 km ini.

ddd
Minggu, 9 Desember 2012, 07:11
 BTdI 2012 Etape 2
BTdI 2012 Etape 2 (VIVAnews/Adi Yoga)

VIVAnews - Etape kedua Banyuwangi Tour de Ijen (BTdI) 2012, menjadi rintangan yang melelahkan bagi ratusan peserta, Sabtu 8 Desember 2012. Jalan menanjak mendominasi etape sejauh 147,6 km terbukti cukup merepotkan para kontestan.

Bila etape pertama pembalap menghadapi cuaca buruk disertai hujan lebat, kali ini mereka dihadapkan pada beratnya rute yang dilalui. Pada etape kedua, pembalap dituntut menaklukkan tanjakan dengan elevasi pendek.

Beratnya rute menguras fisik para pembalap. Tidak heran bila mereka mulai bertumbangan. Tiga pembalap bahkan harus ditandu ke ruang medis karena jatuh pingsan. Salah satunya, Bambang Suryadi yang memperkuat tim ISSI Kota Probolinggo.

Pada etape kedua, pembalap asal Team Hongkong China, Ki Ho-choi menyentuh garis finish di urutan pertama dengan waktu 4 jam 23 menit 59 detik. Selang satu menit kemudian, Oscar Menez yang membela Polygon Sweet Nice menyusul Ho-choi.

Menez menorehkan waktu 4 jam 24 menit 07 detik. Posisi ketiga diraih Nur Amirul Fakhruddin Mazuki dari Terengganu Cycling Team dengan waktu 4 jam 31 menit 02 detik.

Dengan raihan ini,  Ki Ho-choi berhasil merebut Yellow Jersey (Individual General Classification) yang sebelumnya disandang Shaekov Vadim. Red Jersey (Best Climbers Classification) dipegang Yeung Yin-hong Ronald.

Green Jersey (Point Classification) di etape kedua dipegang, Timo Scholz asal CCN Cycling Team setelah sebelumnya disandang Shaekov Vadim di etape pertama. Sedangkan Hari Fitrianto asal Tangsel Team sukses mempertahankan White Jersey (Best Indonesian Rider).

Usai prosesi penyerahan hadiah, Ho-choi mengaku medan pada etape kedua ini cukup berat. Terutama jelang 20 km sebelum finish, karena rute yang dilalui berupa jalan menanjak. Terlebih, dia harus berjuang ekstra sepanjang 10 km sebelum finish karena tanjakan semakin terjal. "Ini gunung yang berat dilalui," kata Choi.

Hal senada juga disampaikan Oscar Munoz. Rider yang membela team asal Surabaya ini mengaku tanjakan di pegunungan Ijen sangat berat dilewati. Bahkan ambisi berduel dengan Choi sirna akibat beratnya tanjakan yang harus dilalui.

Selanjutnya, BTdI 2012 memasuki etape terakhir. Para pembalap akan menempuh etape kriterium sejauh 110 km. Rencananya, rute digelar di jalan seputaran kantor Pemerintah kabupaten Banyuwangi. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id