SPORT

Kuda, Alat Transportasi Sejak Prasejarah

Kuda sudah dimanfaatkan untuk tunggangan sejak 5500 tahun lalu.
Jum'at, 6 Maret 2009
Oleh : Irma Kurniati, Mutia Nugraheni

VIVAnews – Dari zaman dulu hingga sekarang kuda sering digunakan manusia. Baik untuk alat transportasi maupun sebagai pengangkut barang.

Lalu, apakah kalian tahu sejak kapan kuda digunakan oleh manusia?

Menurut penemuan terbaru Jurnal Ilmu Pengetahuan Internasional, kuda sudah dimanfaatkan manusia sejak 5500 tahun lalu. Hal itu diketahui dengan ditemukannya ukiran batu di negara Kazakhstan.

Ukiran tersebut dibuat masyarakat suku Botai yang dulu tinggal disana. Mereka menggunakan kuda sebagai pengangkut barang dan alat transportasi. Selain itu, mereka juga memanfaatkan susu dan daging kuda.

"Penemuan ini sangat penting karena kita bisa mengetahui sejak kapan masyarakat mulai berkembang," kata Alan Outram, salah satu peneliti dari England's University di Exeter.

Pemanfaatan kuda menggambarkan masyarakat zaman prasejarah dulu sudah mulai mengembangkan komunikasi, transportasi, dan pertanian.

Dengan memanfaatkan kuda, masyarakat zaman dahulu bisa berkeliling ke daerah lain untuk menyebarkan budayanya dan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh atau hewan buas.

Hingga hari ini kuda masih dimanfaatkan oleh manusia, termasuk daging dan susunya untuk dikonsumsi.

TERKAIT
TERPOPULER