Lorenzo: MotoGP Harus Meniru Sistem Peringatan F1

Jorge Lorenzo melayang di MotoGP Valencia
Sumber :
  • REUTERS/Heino Kalis

VIVAnews - Juara Dunia MotoGP 2012 Jorge Lorenzo tak hanya menyalahkan pembalap James Ellison (Aprilia) atas kecelakaan hebat yang dialaminya di seri terakhir MotoGP Valencia, Minggu 11 November 2012. Dirinya juga menyarankan sistem peringatan di MotoGP untuk bisa lebih baik.

Lorenzo mengalami kecelakaan ketika balapan menyisakan 17 lap lagi. Saat itu, dirinya ingin mengejar Dani Pedrosa yang berada di posisi pertama. Petaka terjadi ketika Lorenzo ingin melakukan overlap terhadap Ellison di tikungan.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Namun, bukannya membiarkannya lewat, Ellison justru berada di jalurnya. Hasilnya, pembalap Spanyol itu pun gagal mengendalikan motor hingga akhirnya terpental.

"Saya bisa saja lebih sabar menyalip Ellison di trek lurus, tapi jika saya melakukannya, saya akan kehilangan banyak waktu. Saya pikir sudah saatnya MotoGP melakukan sesuatu untuk menyikapi masalah ini, agar para pembalap yang di-overlap mengetahui ada pembalap di belakangnya," papar Lorenzo seperti dilansir Bike Sport News.

Pembalap yang identik dengan nomor 99 ini menyarankan dibuatnya lampu biru, yang bisa memperingati pembalap lain jika ada pembalap yang ingin melakukan overlap. Kebetulan, sistem ini sudah diuji di balapan jet darat Formula-1.

"Seharusnya mereka memberikan lampu biru di motor masing-masing pembalap sebagai tanda peringatan," lanjut Lorenzo. (art)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016