Doping Akhirnya Tamatkan Karier Lance Armstrong

Lance Armstrong
Sumber :
  • Zimbio

VIVAnews – Kiprah Lance Armstrong akhirnya terhenti di dunia balap sepeda. Terbukti menggunakan doping, Armstrong dihukum tidak boleh berkecimpung di ajang balap sepeda seumur hidup.

Tidak sampai di situ, federasi balap sepeda dunia (International Cycling Union/UCI) mencopot tujuh gelar Tour de France pembalap asal Amerika Serikat tersebut. Presiden UCI, Pat Quaid, mengumumkan keputusan tersebut saat konferensi pers di Jenewa, Senin 22 Oktober 2012 waktu setempat.

Dengan tegas, McQuaid mengatakan UCI tidak akan melngajukan banding ke pengadilan arbitrase olahraga. “UCI telah menjatuhkan sanksi terhadap Lance Armstrong, tidak boleh bersepeda selama hidupnya. Tidak ada lagi tempat baginya di dunia balap sepeda,” kata McQuaid dilansir dari Skysports.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan laporan setebal 1.000 halaman dari Badan Anti Doping Amerika Serikat (USADA). Ini sejalan dengan visi McQuaid memerangi doping di kalangan atlet balap sepeda.

“Ketika saya memangku jabatan ini pada 2005, saya telah menegaskan akan memerangi doping. Ini prioritas saya. Sebab, harus saya akui doping telah  menjadi budaya di ajang balap sepeda,” ujar McQuaid.

Dia pun antusias dengan langkah USADA menyelidiki kasus doping yang melibatkan Armstrong. “Fasilitas kami di masa lalu sangat terbatas (untuk menyelidiki doping). Namun, sekarang kami memiliki sarana dan prasarana untuk mengusut kasus ini. Semoga, penggunaan doping terus berkurang setiap tahunnya.” (eh)

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid
Justin Hubner

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Justin Hubner dapat membela Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dia mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka pada Rabu 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024