Kemenangan Dramatis Tim Eropa di Ryder Cup 2012

Tim Eropa berpose usai menjuarai Ryder Cup 2012
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVAbola - Comeback luar biasa tersaji dalam Ryder Cup 2012. Tim Eropa berhasil mempertahankan mahkota juara setelah menang tipis atas Tim Amerika Serikat, 14-1/2 dan 13-1/2, pada turnamen edisi ke-39 itu.

Pada laga hari terakhir, Minggu 30 September 2012 atau Senin dini hari WIB, di Medinah Country Club, tim Eropa sebenarnya tertinggal 10-6 dari tim AS meski diperkuat golfer nomor satu dunia, Rory Mcllroy, Lee Westwood, sampai Justin Rose.

Dengan pertarungan gigih, tim Eropa akhirnya berhasil merebut enam dari delapan pertarungan awal di hari akhir, sebelum golfer Jerman, Martin Kaymer, mengamankan poin vital untuk mengamankan gelar juara usai mengandaskan Steve Stricker.

"Kami yakin dalam hati kami bisa memenangkan (gelar) ini. Ini sudah pernah terjadi dan kami yakin bisa membalikan keadaan," ujar golfer asal Inggris, Luke Donald, yang berhasil menang pada laga pembuka atas juara turnamen Masters, Bubba Watson, pada Reuters.

Kemenangan ini didedikasikan tim Eropa untuk legenda golf mereka, Seve Ballesteros, yang meninggal tahun lalu pada usia 54 tahun setelah berjuang melawan kanker.

"Seve akan selalu hadir di tim ini. Dia adalah faktor besar di turnamen ini, dan untuk seluruh tim Eropa. Kemenangan ini juga untuk seluruh Eropa," tambah kapten tim Eropa, Jose Maria Olazabal.

Sebenarnya tim AS punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada laga terakhir. Sayang, bintang mereka, Tiger Woods, gagal memasukan boladari jarak dekat pada lubang ke-18. Lawannya yang wakil Italia, Francesco Molinari, pun bisa mengamankan kemenangan tim Eropa.

"Saya tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka bermain luar biasa. Dalam beberapa pertandingan kami sedikit terpeleset dan pada akhirnya membuat semuanya lebih mudah untuk mereka," ujar kapten Tim AS, Davis Love III, menyesal.

Surya Paloh Ngaku Belum Bahas Jatah Menteri Nasdem ke Prabowo: Ada Perasaan Sungkan
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia saat memberikan kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat.

Bahlil Ungkap Wilayah Ini Bakal Paling Kecipratan Manfaat Ibu Kota Pindah ke IKN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia menyebut, pindahnya ibu kota RI ke Kalimantan Timur akan memberikan manfaat ekonomi sekitar.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024