Gita Wirjawan Terpilih Jadi Ketua Umum PBSI

Mendag Gita Wirjawan saat jumpa pers hasil pertemuan G20 di Meksiko
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Bulutangkis Indonesia akhirnya akan dipimpin oleh sosok baru. Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, terpilih sebegai ketua umum Pengurus Besar Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) periode 2012-2016 menggantikan Djoko Santoso.

Pada musyawarah nasional (munas) PB PBSI yang digelar di Yogyakarta Plaza Hotel, Jumat 21 September 2012, Gita berhasil merebut kursi ketum PBSI setelah meraih kemenangan mutlak atas calon lain, Icuk Sugiarto.

Gita berhasil mendapatkan 31 suara, sedangkan mantan juara dunia 1983 itu hanya mendapatkan dua dukungan saja dari 33 pengurus provinsi (Pengprov) dan satu milik PBSI yang memiliki hak suara, satu suara lain memilih abstain.

Munas PB PBSI ini sudah dibuka sejak Kamis, 20 September 2012, dan akan menunjuk ketua baru pada hari Jumat sebelum ditutup pada hari Sabtu besok.

Perubahan ini diharapkan bisa memberikan angin segar pada perkembangan bulutangkis Indonesia yang menyentuh titik nadir saat ini.

Gagal diberbagai seri dunia, prestasi bulutangkis Indonesia semakin terpuruk setelah gagal mempertahankan tradisi emas di Olimpiade 2012 London lalu. Kegagalan pertama sejak Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma menjadi kampiun di Olimpiade 1992 Barcelona.

Bahkan pada Olimpiade 2012 lalu, bukannya membawa prestasi malah membawa aib. Ganda putri Indonesia, Gresia Polii dan Meliana Jauhari, terkena diskualifikasi karena dianggap sengaja mengalah pada fase penyisihan grup.

Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Debby Susanto, juara All England 2016

Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade

Praveen dan Debby secara mengejutkan juara All England 2016.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016