Mantan Penjaga Pantai Jadi Ironman di Bintan

Ilustrasi Triathlon
Sumber :
  • ABDN

VIVAnews - Mantan penjaga pantai di Australia, Brett Carter, memenangi MetaMan Triathlon 2012 kategori MetaMan Full atau iron di Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu, 15 September 2012.

Carter menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 8 jam, 43 menit dan 58 detik. Triathlete 31 tahun tersebut unggul atas wakil Swedia, Fredrik Croneborg, yang berhasil menyentuh garis finish dengan catatan 8 jam, 59 menit dan 10 detik.

Triathlete veteran asal Republik Ceko, Petr Varbrousek, berhasil melengkapi posisi tiga besar pada kategori MetaMan Full. Atlet 38 tahun tersebut menyelesaikan perlombaan dengan catatan waktu 9 jam, 7 menit dan 33 detik.

Sukses Carter memenangi MetaMan Full terbilang luar biasa. Pasalnya, ini adalah kali pertama Carter mengikuti lomba kategori ultra atau iron yang menempuh jarak renang 3,8 km, disusul sepeda 180 km dan lari 42,2 km.

"Saya berhenti dari pekerjaan saya sebagai penjaga pantai di Gold Coast, Australia, tiga bulan lalu. Menjual semua yang saya punya, untuk mengejar karier triathlete profesional sepenuhnya. Saya latihan di Swiss bersama Brett Sutton dalam beberapa bulan terakhir," ujar Carter usai perlombaan.

Di bagian putri, atlet dari Selandia Baru, Candice Hammond, sukses mengalahkan legenda triathtlon asal Australia, Belinda Granger. Hammond, yang sempat tertinggal dari Granger saat lari lap terakhir, berhasil menjadi juara dengan waktu 9 jam, 31 menit dan 8 detik.

Granger (41 tahun), yang 10 kali menjadi juara dunia triathlon di Hawaii, menyelesaikan lomba dengan catatan 9 jam, 40 menit dan 16 detik. Posisi ketiga direbut Erika Csomor dari Hongaria dengan waktu 9 jam, 52 menit dan 29 detik.

"Saya tahu saya sedikit tertinggal dari Belinda usai renang. Saya berpikir untuk lebih cepat saat sepeda. Saya kecewa dengan catatan renang saya, tapi hal itu membuat saya lebih semangat saat sepeda," papar Hammond.

Pemenang putra-putri MetaMan Full berhak hadiah sebesar US$15 ribu (setara Rp142,5 juta), posisi kedua mendapat US$7 ribu (setara Rp66,5 juta) dan peringkat ketiga berhak mendapatkan US$3.500 (setara Rp33 juta).

Untuk kategori MetaMan Half yang menempuh jarak berenang 1,9 km, sepeda 90 km, dan lari 21,1 km, triathlete putra Australia, Leighton Matheson dengan catatan 4 jam, 33 menit dan 52 detik. Di bagian putri, Janine Willis, sukses menjadi pemenang dengan catatan 5 jam dan 2 menit.

Diskon Sepeda Motor Honda Mencapai Rp5 Jutaan
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sebut Hasil Pemilu 2024 Diumumkan Besok

Menurut Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, dengan diumumkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu besok maka masih sesuai rencana.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024