Bintan Jadi Tempat Duel 250 Atlet Triathlon Dunia

Ilustrasi Triathlon
Sumber :
  • ABDN

VIVAnews - Sebanyak atlet triathlon dari penjuru dunia akan bersaing pada ajang MetaMan Triathlton 2012 di Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu 15 September 2012.

Event triathlon yang merupakan kolaborasi Metasport dan Nirwana Gardens ini akan memperlombakan dua kategori. Pertama adalah MetaMan Full, biasa disebut dengan kategori ultra atau iron, menempuh renang 3,8 km, disusul sepeda 180 km dan lari 42,2 km.

Kategori kedua adalah MetaMan Half. Di sini pada atlet harus berenang sepanjang 1,9 km, sepeda 90 km, dan lari 21,1 km. Ini adalah kali pertama kategori ultra atau iron dipertandingkan di Indonesia.

"Ada sekitar 250 peserta dari 35 negara yang akan bertanding besok. Ini adalah kategori Ironman pertama yang digelar di Indonesia, dan wilayah Bintan cocok untuk menggelarnya," ujar Race Director Metasport, Marie Leautey dalam siaran pers.

Para atlet triathlon kelas dunia dari Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Jerman, Hongaria, Republik Ceko, Swedia, dan Singapura akan tampil pada ajang yang memperebutkan hadiah total US$60 ribu (setara Rp570 juta) tersebut. Sementara itu, ada 18 atlet Indonesia yang akan tampil di kategori MetaMan Half.

"Ajang MetaMan Triathlon inin sangat penting bagi Bintan, karena kami ingin mempromosikan wilayah ini. Insya Allah ini akan menjadi ajang tahunan di Bintan. Kami ingin mengadakan event internasional setiap bulannya," ujar Bupati Bintan Ansar Ahmad.

Popularitas perlombaan ultra atau iron terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai seri perlombaan dengan nama besar Ironman dan Challenge telah mendapat perhatian besar khususnya di Amerika Serikat dan Eropa. Perlombaan independen juga mendulang sukses. (umi)

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024