Kemegahan Pembukaan PON Riau XVIII

Gladi Bersih PON Riau 2012
Sumber :
  • ANTARA/Iggoy el Fitra

VIVAnews - Meski Stadion Utama Riau tidak terisi penuh, namun ini tidak mengurangi kemegahan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau XVIII Selasa, 11 September 2012. Tema acara pembukaan ini adalah "Air dan Peradaban".

Sebanyak delapan layar raksasa dipasang di kawasan Stadion Utama Riau oleh panitia. Acara pembukaan dimulai pukul 16.00 WIB. Para artis lokal Riau dan Jakarta tampil seperti band Ungu, Judika dan Rossa.

Selain itu, ada juga paduan suara dan pergelaran senam yang melibatkan 1.100 murid Sekolah Dasar. Turut pula berpartisipasi sekitar 5.000 siswa SMP dan SMA. Mereka menampilkan tarian kolosal yang diiringi musik orkestra.

Acara pembukaan sendiri dibagi menjadi dua, yakni Pre Show dan Main Show. Pre Show yang dimulai pukul 16.00 WIB tadi di mana artis-artis lokal Riau tampil. Sedangkan Main Show dimulai sejak pukul 19.30 WIB. Yang mencuri perhatian adalah permainan teknologi di Stadion Utama Riau.

Ini mirip dengan pembukaan Sea Games tahun lalu, namun terdapat unsur budaya Melayu di dalamnya. Terdapat 2.000 titik lighting di Stadion Utama Riau. Selain itu ada juga teknologi LED serta ratusan kembang api yang membuat langit Riau terang-benderang.

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan masih banyak lagi.

"Malam ini dengan penuh rasa syukur kita dapat berkumpul di Bumi Lancang Kuning pada acara Pekan Olahraga Nasional XVIII. Selamat datang, selamat bertanding, dan selamat menyaksikan pertandingan kepada para atlet, official dan suporter yang datang dari seluruh tanah air," kata Presiden SBY dalam sambutannya yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta.

Sekitar satu jam sebelum dimulainya upacara pembukaan, kabarnya panitia membolehkan warga dan penonton masuk stadion tanpa perlu membeli tiket. Sebab, isi stadion masih terlihat kosong.

PON Riau XVIII/2012 sendiri berlangsung dari 9-20 September 2012. Ada 39 cabang olahraga yang diperlombakan di 54 venue. Sebanyak 7.307 atlet dari 33 provinsi akan berlomba-lomba menjadi yang terbaik di multievent terbesar Tanah Air ini. (umi)

Veteran Pejuang, Jemaah Tertua Harjo Mislan Senyum Lihat Merah Putih di Baju Petugas Haji
Konferensi pers  BAF Lions Run

BAF Lions Run, Berlari untuk Mendukung Insan Berkemampuan Khusus di Indonesia

Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun ini merupakan tahun keenam kegiatan berseri BAF Lions Run

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024