SBY Resmi Buka PON Riau XVIII

Gladi Bersih PON Riau 2012
Sumber :
  • ANTARA/Iggoy el Fitra

VIVAnews - Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau XVIII/2012 telah resmi dibuka hari ini, Selasa 11 Maret 2012. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi membuka event besar Tanah Air ini di Stadion Utama Riau.

Dalam sambutannya, SBY mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan PON kali ini. Dia juga berharap ajang olahraga ini bisa menjadi momentum untuk mempersatukan bangsa.

"Selamat bertanding kepada semua atlet. Juga selamat bertugas kepada wasit dan juga ofisial. Saya juga ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada KONI Pusat dan Daerah dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PON ini," ujar SBY.

"Barometer keberhasilan Indonesia tak hanya dilihat dari ekonomi dan politik namun juga dilihat dari olahraga. Para atlet dalam PON ini agar bertanding dengan semangat dan sportivitas."

"Jadikan PON ajang mencapai prestasi, dengan semangat persaudaraan dan kebersamaan. Mari kita sukseskan PON ke-18 ini," lanjutnya.

Tercatat 2.748 personel TNI dikerahkan untuk mengamankan pembukaan PON kali ini. Dari jumlah personel tersebut, pihak TNI juga mendatangkan penembak jitu yang berasal dari pasukan inti Raider 100. Pasukan ini bermarkas di Binjai, Sumatera Utara. Tim Jihandak juga didatangkan ke Riau dari Payakumbuh, Sumatera Barat.

PON Riau XVIII/2012 berlangsung dari 9-20 September 2012. Ada 39 cabang olahraga yang diperlombakan di 54 venue. Di tengah sarana yang belum jadi 100 persen, sebanyak 7.307 atlet dari 33 provinsi akan berlomba-lomba menjadi yang terbaik. (umi)

Bonus Berbeda, Atlet Paralympic Ajukan Protes
Para pelajar sedang latihan pembukaan PON Riau

Papua Berambisi Jadi Tuan Rumah PON 2020

Keinginan ini sudah disampaikan Gubernur Papua pada Presiden SBY.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2013