Olimpiade 2012

Kembali Sabet Emas, Kromowidjojo Ukir Sejarah

Ranomi Kromowidjojo (tengah) usai kembali merebut emas
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Silva

VIVAnews - Prestasi gemilang lagi-lagi dicetak perenang Belanda keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo, pada Olimpiade London 2012. Wanita berusia 21 tahun itu berhasil menyabet emas keduanya untuk Belanda.

Setelah merebut medali emas di nomor 100 meter gaya bebas, Ranomi berhasil menambah pundi-pundi medali usai memenangkan 50 meter gaya bebas di London Aquatic Centre, Sabtu 4 Agustus 2012 atau Minggu dini hari WIB.

Ranomi, yang berdarah Suriname-Jawa, berhasil melesat dengan membukukan waktu 24.05 detik, diikuti perenang Belarusia, Aliaksandra Herasimenia, dan kompatriotnya, Marleen Veldhuis, yang mengisi podium ketiga.

Kemenangan Ranomi ini sebenarnya sangat mengejutkan, karena pada nomor tersebut juga hadir pemegang rekor dunia dan juara bertahan Olimpiade, Britta Steffen, dan Juara Dunia, Therese Alshammar. Namun, kedua perenang itu hanya bisa menduduki peringkat empat dan enam.

Keberhasilan Ranomi menyabet dua emas membuat dirinya menjadi ratu kolam Belanda pada Olimpiade kali ini, karena tidak ada perenang Belanda lain yang bisa merebut emas.

Selain itu, Ranomi juga masuk ke buku sejarah karena menjadi perenang Belanda pertama yang memenangkan nomor gaya bebas jarak pendek sejak seniornya, Inge de Bruijn, mencatatkan prestasi serupa di Olimpiade 2000 Sydney.

Total kontingen renang Belanda mengumpulkan empat medali, dua keping emas dari Ranomi, ditambah sekeping perak dan perunggu. Mereka menduduki peringkat empat di klasemen akhir perolehan medali cabang olahraga renang, karena cabang ini sudah selesai digelar. (adi)

Sang Rival Pecahkan Rekor Usain Bolt
Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI

Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Ada 28 atlet dari 7 cabang olahraga yang terbang ke Rio de Janeiro.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016