Perenang Putri ABG Peraih Emas Olimpiade

Ruta Meilutyte
Sumber :
  • google

VIVAnews – Meraih medali emas Olimpiade memang menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika para atlet berhasil meraihnya di usia yang masih sangat muda.

Ada yang masih ingat dengan Ian Thorpe? Perenang pria asal Australia ini berhasil meraih medali emas di usia 17 tahun. Di Olimpiade 2000 Sydney, Thorpe sukses mengalahkan pesaing-pesaingnya yang usianya jauh lebih tua.

Sukses Thorpe juga diikuti juniornya. Beberapa perenang belia wanita sukses meraih emas di Olimpiade pertama mereka, siapa sajakah mereka?

1. Missy Franklin, 17 tahun

Sang Rival Pecahkan Rekor Usain Bolt

Missy Franklin

Franklin yang berasal dari Amerika Serikat sukses meraih emas di final gaya punggung 100m. Ia mengalahkan perenang senior asal Australia Emily Seebohm. Ini merupakan Olimpiade pertama Missy dan rencananya ia akan bertanding di lima nomor lainnya.

2. Ye Shiwen, 16 tahun

Indonesia Targetkan Dapat 20 Emas di Special Olympics

Ye Shiwen

Shiwen yang merupakan remaja asal China ini sempat membuat heboh Aquatics Centre. Ketika dirinya mengikuti final gaya bebas 400m, Shiwen mencatatkan waktu 4:28:43 menit yang merupakan rekor dunia. Catatan waktu yang dibuat Shiwen bahkan lebih cepat 0.07 detik dibanding peraih medali emas pria Ryan Lochte. Tidak heran jika banyak yang mengira yang menggunakan doping. Hal ini tentunya langsung disanggah oleh Shiwen.

3. Ruta Meilutyte, 15 tahun

ICTU Siapkan Taekwondoin ke Kejuaraan Dunia

Ruta Meilutyte

Ruta mencatatkan sejarah sebagai atlet renang pertama dari Lithuania sekaligus peraih medali emas pertama untuk Lithuania. Bertanding di gaya dada 100m, Ruta sukses mengejutkan pesaingnya dengan catatan waktu 1:05:47 menit. Meski membela Lithuania, dara kelahiran Kaunas ini justru besar di Inggris. Ia tercatat sebagai siswa Sekolah Plymouth.

Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI

Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Ada 28 atlet dari 7 cabang olahraga yang terbang ke Rio de Janeiro.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016