Jelang Olimpiade, Pencopet Menjamur di London

Stadion Olympic, London, venue utama Olimpiade 2012
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVAnews – Wisatawan mancangera, atlet dan ofisial kontingen dari   belahan penjuru dunia perlu meningkatkan kewaspadaan dua kali lipat saat berjalan-jalan di seantero London. Pasalnya, aksi pencopetan meningkat pesat  jelang Olimpiade. Mereka biasa beoperasi pusat keramaian kota.

Daiy Mail melaporkan, sedikitnya 1.700 orang menjadi korban aksi kejahatan jalanan ini setiap harinya. Angka ini melonjak hampir seperlima dalam rentang waktu dua tahun terakhir. Kepolisian setempat melaporkan, tindak kriminal ini biasa dilakukan kelompok yang berasal dari Rumania, Lithuania dan beberapa kota di Amerika Latin.

Dalam menjlankan aksinya mereka tidak bekerja sendiri. Modus operandinya, pencopet mendekati target. Mereka berpura-pura menanyakan alamat.  Di saat bersamaan, rekan pencopet menjalankan aksinya menggasak dompet dan barang berharga korban seperti handpone dan laptop.

Dari hasil kejahatan tersebut, dalam sepekan pencopet  berhasil mengumpulkan uang nominalnya mencapai 4 ribu atau setera Rp 60 juta dalam sepekan. Sementara, barang curian diperjual belikan di pasar gelap.  Untuk mencegah tindak kriminal tersebut, Kepolisian Kota London telah menyebar anggota di berbagai titik rawan pencopetan. Setidaknya, aparat keamanan telah menangkap 80 pencopet mendekati upacara seremoni pembukaan Olimpiade.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Mark Teodorini, selaku Kepala Pengamanan Olimpiade menyerukan kewaspadaan publik. Dari hasil pengembangan kasus tersebut Teodorini mengaku pihaknya telah mengantongi identitas kawanan copet, tempat tinggal, serta modusnya. “Bahkan, kami tahu mobil yang mereka gunakan,” katanya.

“Kami tidak akan selalu menangkap basah mereka saat menjalankan aksinya. Namun kami coba mengganggu aktivitas mereka. Ini akan menjadi lingkungan yang tidak bersahabat buat pencopet. Saran saya kepada mereka adalah ‘tidak mengganggu’," ujar Teodorini. (eh)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024